Dicoret Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Minus Saddil Ramdani di Piala Asia 2023

Gila Bola – Shin Tae-yong secara mengejutkan mencoret Saddil Ramdani jelang laga pertama Timnas Indonesia melawan Irak di fase Grup D Piala Asia 2023 awal pekan depan.

Timnas Indonesia sebelumnya sudah mencoret dua nama dari 28 pemain yang dibawa untuk ikuti pelatihan nasional di Turki, yakni Adam Alis dan Arkhan Fikri. Namun, Shin Tae-yong tetap membawa kedua pemain itu ke Qatar setelah latihan di Turki selesai.

Alasannya, menurut Shin Tae-yong beberapa waktu lalu, dirinya masih punya peluang untuk mengubah daftar pemain yang berisi 26 pemain – enam jam sebelum kickoff laga pertama. Asalkan, pemain itu masuk daftar ‘entry by name’ yang sudah didaftarkan sejak awal

Hingga akhirnya, pada hari Rabu (10/1) waktu setempat, Shin Tae-yong diberitakan telah mencoret Saddil Ramdani – dan ia menjadi satu-satunya pemain abroad Timnas Indonesia, yang dicoret pelatih asal Korea Selatan tersebut. Shin Tae-yong kemudian memasukkan lagi nama Adam Alis dalam skuadnya.

Shin Tae-yong Dibela, Alasan Pencoretan Semata Urusan Teknis dan Strategis

Diungkapkan manajer Timnas Indonesia, Sumardji, alasan pencoretan nama Saddil Ramdani – seperti halnya Arkhan Fikri, semata-mata disebabkan karena masalah teknis dan strategis. Apalagi di posisi yang ditempati Saddil dan Arkhan, persaingan antarpemain cukup ketat.

Dengan dicoretnya Saddil dan Arkhan, Shin Tae-yong kini sudah benar-benar temukan 26 nama yang akan diandalkannya di Piala Asia 2023, karena Adam Alis telah kembali ke skuad Garuda setelah sebelumnya sempat dicoret.

Shin Tae-yong telah memanggil 28 pemain untuk ikuti pemusatan latihan nasional di Turki sejak 21 Desember 2023. Di antara ke-28 nama tersebut, 11 pemain di antaranya merupakan para pemain yang merumput di luar negeri – atau pemain abroad.

Timnas Indonesia Tetap Daftarkan Shayne yang Tak Jelas, dan Asnawi yang Cedera

Sementara dari 11 nama itu, Shayne Pattynama belum tampak di kamp latihan skuad Garuda sampai saat ini, setelah ia kembali ke Belanda sejak 1 Januari 2024 dan menunggui ibunya yang sedang sakit.

Sayangnya, sampai saat ini, belum jelas kapan Shayne akan kembali ke kamp pelatnas Timnas Indonesia di Qatar meskipun ia tetap didaftarkan ke Piala Asia 2023.

Di samping itu, Shin Tae-yong juga tetap membawa Asnawi Mangkualam dalam kondisi cedera dan tak jelas apakah ia bisa bermain atau tidak di turnamen empat tahunan ini.

Tim Merah Putih akan memulai pertarungan mereka di Piala Asia 2023 dengan bertemu Irak di laga perdana Grup D Piala Asia 2023 pada Senin (15/1) malam WIB.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!