Gareth Southgate Angkat Bicara Soal Isu Harvey Barnes Membelot Bela Skotlandia

Gila BolaGareth Southgate, manajer timnas Inggris, mengungkapkan apresiasi terhadap pemain sayap Newcastle United, Harvey Barnes, sambil menyoroti persaingan sengit di skuad asuhannya.

Pemain berusia 25 tahun itu tengah menjadi sorotan saat ini dengan dia dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk pindah kesetiaan ke timnas Skotlandia karena kurangnya kesempatan bermain untuk The Three Lions.

Satu-satunya caps yang didapatkan bersama timnas Inggris adalah dalam penampilan pada 8 Oktober 2020 lalu di laga persahabatan melawan timnas Wales di mana dia hanya bermain 14 menit.

Sejak itu dia sudah tidak pernah lagi mendapatkan kesempatan turun ke lapangan untuk membela The Three Lions, meski sebelumnya dia langganan dipanggil untuk tim level muda U-20 dan U-21.

Dalam sebuah konferensi pers menjelang pertandingan persahabatan melawan timnas Skotlandia, yang kami beritakan dari Daily Mail, Gareth Southgate menyatakan bahwa Harvey Barnes adalah pemain yang sangat dihargai oleh timnas Inggris.

Hanya saja dia menggarisbawahi bahwa memang itu adalah sesuatu yang sulit karena ada banyak persaingan di skuad The Three Lions dengan ada begitu banyak pilihan berkualitas yang menyulitkan pemain 25 tahun itu untuk mendapatkan tempat.

Harvey Barnes umumnya bermain di sayap kiri, tapi timnas Inggris memang punya banyak opsi berkualitas di sektor tersebut seperti Marcus Rashford, Jack Grealish, Raheem Sterling, hingga Jarrod Bowen.

Gareth Southgate juga membahas pemain lain yang bermain di klub Newcastle United, yaitu Elliot Anderson, yang juga menerima panggilan ke skuad Skotlandia sebelumnya sebelum dia mundur karena cedera.

Bos The Three Lions mengungkapkan bahwa Anderson adalah pemain yang berkembang dengan baik dan memiliki potensi besar, namun dia tidak bisa memberikan garansi apapun untuk tempatnya di timnas Inggris.

Dalam konferensi pers yang sama, bek sayap Newcastle United, Kieran Trippier, ikut berbicara tentang Elliot Anderson, kelahiran Whitley Bay, Inggris, tapi membela timnas Skotlandia di level muda.

Dia menyatakan bahwa gelandang serang berusia 20 tahun itu adalah pemain yang berbakat dan memiliki potensi besar. Meskipun ada pembicaraan dengan Anderson, keputusan akhir adalah miliknya, dengan dia cenderung memilih untuk bermain bagi tim nasional Skotlandia.

Gareth Southgate juga menyebut bahwa banyak pemain saat ini memiliki kewarganegaraan ganda, yang membuat situasi semakin kompleks bagi setiap negara. Beberapa pemain mungkin tidak dapat memutuskan dengan cepat untuk bermain untuk satu tim nasional, dan hal ini adalah hal yang biasa terjadi dalam dunia sepak bola.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!