Gareth Southgate Tetap Melatih Timnas Inggris Usai Euro 2024? Kenapa Nggak …

Gila Bola – Gareth Southgate tak tepis kemungkinan tetap mengasuh Timnas Inggris hingga Piala Dunia 2026, setelah mengaku bisa mengevaluasi masa depannya bersama Three Liones usai Kejuaraan Eropa.

Gareth Southgate – yang mengasuh Inggris sejak tahun 2016, terikat kontrak dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris hingga bulan Desember tahun ini.

“Ada kans separuh dari pelatih tidak lagi berada di posisinya setelah Euro. Itulah sepak bola internasional,” tandas Southgate usai drawing Uefa Nations League yang dilakukan di Paris, Kamis (8/2) waktu setempat.

“Anda harus melihat bagaimana semuanya berjalan di musim panas nanti – sesederhana itu. Saya tahu apa yang bisa kami capai di musim panas, saya tahu apa patokan dari kesuksesan saya, setelah itu saya tak akan terlalu pikirkan hal lain,” tambah pelatih berusia 53 tahun tersebut, seperti dilansir dari ESPN.

“Kami harus tampilkan performa terbaik dan anda harus membuat keputusan terbaik untuk semua orang. Saya tidak akan berada di posisi untuk membuat keputusan sebelum turnamen berlangsung,” tegasnya.

Paling Sukses Sejak 1966, Southgate Sempat Ingin Mundur dari Timnas Inggris

Southgate menjadi pelatih Timnas Inggris yang paling sukses sejak pelatih Sir Alf Ramsey yang menangkan Piala Dunia 1966.

Mantan manajer Middlesbrough itu berhasil membawa Inggris melaju ke final Euro 2020 dan semifinal Piala Dunia 2018 – meskipun belum beruntung.

Namun, Southgate sempat mempertimbangkan untuk mundur setelah tim The Three Lions kalah dari Perancis di perempatfinal Piala Dunia 2022/Qatar, sebelum akhrnya bersedia tetap bertahan di posisinya untuk Euro 2024.

Drawing Timnas Inggris di Uefa Nations League

Timnas Inggris sendiri akan hadapi Slovenia, Denmark dan Serbia di fase Grup C Euro 2024 pada musim panas mendatang.

Sementara dalam drawing Uefa Nations League di Paris, skuad The Three Lions dijadwalkan akan bertemu Republik Irlandia, Finlandia dan Yunani di fase grupnya.

Ini menjadi penampilan perdana Timnas Inggris di League B usai mereka terdegradasi dari tier papan atas di edisi terakhir kompetisi tersebut.

Southgate yang mantan pemain Crystal Palace, Aston Villa dan Middlesbrough itu mengawali karirnya sebagai pelatih tim nasional di Timnas U21 pada tahun 2013 hingga 2016.

Pelatih yang baru mengasuh satu klub itu – Middlesbrough, kemudian mengasuh tim senior Inggris pada tahun 2016 sampai saat ini.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!