Gol 30 Detik Radif Disamakan Pemain Korea Selatan 30 Detik Jelang Bubaran

Gilabola.com – Pertandingan Arab Saudi vs Korea Selatan di tahap 16 besar Piala Asia terpaksa dilanjutkan ke babak extra time 2×15 menit dan mungkin lanjut ke adu penalti setelah skor sama kuat 1-1 dalam 90 menit.

Sampai dengan menit 98 pertandingan, sekali lagi MENIT 98, sangat kuat sekali kesan bahwa Elang Hijau itu akan dengan mudah lolos ke perempat final, sekaligus membelikan tiket pulang Son Heung-min dan Hwang Hee-chan kembali ke Liga Inggris.

Tapi gol oleh Cho Gue-Sung, seorang pemain yang merumput di Midtjylland di Liga Norwegia itu menggagalkan semua harapan yang sudah muncul di kubu tim hijau, yang sebenarnya hanya tinggal bertahan beberapa detik lagi saja.

Gol menit 99 itu sungguh mematahkan hati para pemain dan pendukung timnas Arab Saudi yang sudah berharap diri mereka menghadapi Australia di perempat final. Negeri Kanguru itu lolos setelah menaklukkan timnas Indonesia.

Padahal Abdullah Radif yang masuk di awal babak kedua sudah tampil kesetanan. Hanya dalam waktu 30 detik ia menjemput assist dari Salem Al Dawsari guna menjadi gol pertama dan satu-satunya dari Arab Saudi.

Lemparan ke dalam yang dilakukan secara cepat jatuh ke kaki Al Dawsari, yang melakukan satu sentuhan ragu-ragu pada bola, tapi Radif yang masih segar bugar berlari cepat mencuri bola di belakang dua pemain bertahan Korea Selatan, dan menaklukkan kiper Jo Hyeon-Woo di tiang jauh.

Perjalanan Arab Saudi Sampai ke Perempat Final Piala Asia

Arab Saudi merupakan kampiun Grup F, meraih nilai 7 sebagai hasil dari dua kemenangan atas Oman 2-1 dan atas Kirgizstan 2-0, sebelum imbang 0-0 lawan tim Gajah Putih Thailand.

Mereka lolos ke 16 besar dan kebagian tim yang lebih dijagokan, Korea Selatan. Ada sejumlah bintang Liga Inggris di tim asal Asia Timur ini. Selain Son, juga Hwang Hee-chan asal Wolves, yang baru saja masuk awal babak kedua. Jangan dilupakan juga Kim Min-jae yang merupakan bek tangguh Bayern Munchen.

Tapi bek Die Roten itu tidak berdaya menghadapi umpan terobosan tidak sengaja yang dihasilkan dari sentuhan ragu-ragu Al Dawsari, yang dikejar oleh Radif dan diarahkan ke tiang jauh, menjebol gawang Laskar Taegeuk usai membentur kaki sang kiper.

Son dan rekan-rekannya lolos dengan susah payah dari tahap grup, hampir saja meloloskan diri sebagai tim urutan ketiga. Namun kekalahan Yordania menyebabkan Laskar Teageuk lolos sebagai tim ranking kedua dari Grup E.

Siapakah yang Menunggu Arab Saudi atau Korea Selatan di Perempat Final?

Australia, yang mengalahkan Indonesia di 16 besar, sudah menunggu di tahap perempat final.

Jika Arab Saudi yang lolos dari tahap ini maka mereka akan berganti menghadapi tim Asia Putih Australia, usai bertemu tim Asia Kuning Korea di tahap sebelumnya.

Sebelumnya mereka sudah mencicipi bagaimana rasanya bertarung lawan Thailand, Oman, dan Kirgizstan di tahap penyisihan Grup F.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!