Penampilannya Diragukan, Timnas Jepang Siap Lebih Baik Hadapi Bahrain

Gilabola.com – Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, yakin timnya sudah tetapkan standar baru jelang bertemu Bahrain di babak 16 besar Piala Asia di Al Thumama Stadium, Rabu (31/1).

Takehiro Tomiyasu dan kawan-kawan menuai kritik terkait penampilan mereka di ajang Piala Asia sejauh ini. Jepang lolos ke babak sistem gugur sebagai peringkat kedua Grup D walau kalah 1-2 dari Irak pada laga kedua. Kini, skuad asuhan Moriyasu pun bersiap hadapi Bahrain yang menjadi juara Grup E.

Penampilan Jepang yang tak seperti biasanya, bahkan lini belakang mereka yang terlihat melemah, membuat tim Samurai Biru gagal bukukan clean sheet di fase grup, hingga tekad Jepang untuk menyabet gelar juara Piala Asia kali ini dipertanyakan.

“Ini menjadi penghormatan bagi kami, di saat ada orang yang mengatakan kami sedang berjuang, karena itu menunjukkan mereka punya ekspektasi yang tinggi terhadap kami, orang-orang tahu kami bisa tampil lebih baik,” tandas Hajime Moriyasu dalam situs resmi AFC.

Namun, diakui Moriyasu, bukan cuma Jepang tapi tim-tim Asia saat ini sedang berkembang, dan lebih bersaing, sehingga gap antara tim-tim papan atas dan tim-tim yang ada di bawahnya tidak terlalu jauh.

Timnas Jepang Meragukan Setelah Kalah dari Irak

Jepang berhasil melaju ke Piala Asia setelah performa terbaiknya di sembilan pertandingan secara beruntun, termasuk kalahkan Jerman 4-1 pada bulan September dan mencetak 39 gol dalam proses membangun penampilan gemilang mereka di Piala Dunai 2022.

Namun setelah kalah dari Irak dan kebobolan lima gol sejauh aksi mereka di Piala Asia edisi ke-18 ini, keraguan pun meningkat terkait kemampuan mereka dalam amankan trofi turnamen empat tahunan ini untuk kelima kalinya.

“Kami harus belajar dari kesalahan kami di tiga pertandingan pertama, tapi itu tak berarti kami punya kekhawatiran besar pada lini belakang kami, jelang pertandingan melawan Bahrain,” tandas Moriyasu.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

“Bahrain tim yang kuat, jadi kami harus hati-hati dengan permainan lini serang mereka, tapi saya yakin para pemain saya akan tunjukkan 100 persen potensi mereka,” tambahnya.

Jepang Puji Bahrain Sebagai Tim Bagus

Moriyasu pun memuji skuad Bahrain sebagai tim yang sangat berbakat dan dipenuhi banyak pemain hebat, yang bisa bermain sebagai sebuah tim.

“Mereka tak cuma bisa lakukan serangan balik, tapi juga punya banyak pemain berbakat di lni depan yang bisa bermain indah,” ujar Moriyasu.

Sementara itu, Bahrain berhasil melaju ke babak 16 besar ini setelah menang tipis 1-0 atas Yordania, hingga tim asuhan Juan Antonio Pizzi itu berada di posisi teratas klasemen grup – di atas Korea Selatan, tim yang kalahkan Bahrain 3-1 di laga pembuka.