Korea Selatan Lolos Perempat Final Piala Asia, Dapat Hadiah Australia

Gilabola.com – Korea Selatan secara dramatis memastikan diri lolos ke tahap perempat final Piala Asia usai tertinggal satu gol selama 98 menit, dan melesakkan gol penyama kedudukan kontra Arab Saudi 90 detik jelang bubaran.

Tidak ada gol terjadi selama masa extra time 2×15 menit sehingga laga 16 besar melawan tim Elang Hijau itu terpaksa dilanjutkan ke babak adu penalti, saat dua eksekutor Arab Saudi tidak bisa menahan ketegangan yang teramat sangat.

Pemain Wolves Hwang Hee-chan menjadi penentu kemenangan dengan tendangan keempat yang masuk. Empat eksekutor penalti Korea berhasil melaksanakan tugasnya. Skor akhir adu penalti 2-4 dan Laskar Taegeuk akan ketemu Laskar Kanguru di perempat final Piala Asia.

Hasil Adu Penalti Arab Saudi vs Korea Selatan

  • Mohamed Kanno gol! 1-0!
  • Son Heung-min gol! 1-1!
  • Saud Abdulhamid gol! 2-1!
  • Kim Young-gwon gol! 2-2!
  • Sami Al Najei GAGAL! Tetap 2-2
  • Cho Gue-sung gol! 2-3!
  • Abdulrahman Ghareeb gagal! Tetap 2-3
  • Hwang Hee-chan gol! Skor 2-4!

Dengan demikian Korea Selatan memastikan diri lolos perempat final Piala Asia. Tim Asia Timur berkulit kuning akan bertemu tim Asia berkulit putih.

Arab Saudi Hanya Tinggal Bertahan 90 Detik Lagi

Pertandingan 16 besar itu semula terkesan akan usai dengan kemenangan mudah Arab Saudi setelah skor tetap terjaga 1-0 sampai dengan, tahu menit berapa? Menit 98! Sudah delapan menit memasuki injury time waktu normal.

Mendadak pada menit 98 lebih 35 atau 36 detik, sebuah crossing datang dari sisi kanan kotak penalti. Apakah itu Son Heung-min? Ia mengirimkan bola ke arah tiang jauh dan disundul oleh Seol Young-woo ke bagian tengah gawang.

Di sana berdiri pemain Midtjylland ini, Cho Gue-sung, yang melompat paling tinggi dan paling cepat untuk menyundul bola ke bagian gawang Arab Saudi yang kosong. Skor 1-1 dan pertandingan pun terpaksa dilanjutkan ke extra time.

Cho belakangan juga menjadi satu dari para eksekutor penalti Korea Selatan yang berhasil menyelesaikan tugasnya menyelamatkan tim nasional.

Pujian juga harus diberikan pada Seol, yang menyundul bola secara sangat akurat. Pemain Ulsan Hyundai itu mengarahkan bola tepat ke titik di mana Cho akan melompat.

Tidak ada pemain tim hijau di sana, dan sang pemain Liga Norwegia itu pun pun berhasil mengarahkan si bundar secara akurat ke gawang Akmed Al Kassar.

Data Permainan Arab Saudi vs Korea Selatan

Secara keseluruhan Laskar Taegeuk lebih dominan, lebih determinan, tapi juga sekaligus lebih banyak membuang-buang kesempatan.

Tahu ada berapa banyak upaya gol dilepaskan negeri Asia Timur itu selama 120 menit? 22 KALI! Tahukah kamu berapa banyak serangan on target ke gawang Al Kassar? Delapan kali, termasuk waktu extra time.

Tahu angka xG atau harapan gol Son Heung-min dan rekan-rekannya? 2.42, yang berarti setidaknya dua kali lah harusnya ada gol selama waktu normal. Tapi dalam kenyataannya hanya satu gol.

Bandingkanlah itu dengan Arab Saudi yang memiliki hanya 42 persen dominasi bola, 14 percobaan gol dan empat saja serangan on target. Satu gol.

Itu memperlihatkan juga betapa Son dan rekan-rekannya meskipun memiliki banyak sekali upaya gol, tapi tidak dibarengi dengan efektifitas di depan gawang tim hijau.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!