Hasil Mali vs Burkina Faso Skor Akhir 2-1 di Babak 16 Besar Piala Afrika

Gilabola.com – Hasil pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2023 antara Mali vs Burkina Faso ditutup dengan skor akhir 2-1, laga diwarnai gol bunuh diri dan menit-menit akhir pertandingan yang menegangkan!

Timnas Mali berhasil menag dengan skor 2-1 atas skuad Burkina Faso dan membawa skuad berjuluk Les Aigles melaju ke babak perempat final Piala Afrika.

Di awal babak pertama, Mali dengan cepat memimpin pada menit ke-3 lewat gol bunuh diri Edmond Tapsoba. Tembakan Lassine Sinayoko di awal babak kedua merubah kedudukan menjadi 2-0, namun hanya sepuluh menit kemudian penalti Bertrand Traore memangkas ketertinggalan Burkina Faso, dan sebuah gol penyama kedudukan di menit akhir dianulir wasit karena offside.

Timnas Mali berlaga tanpa Yves Bissouma sang pemain Tottenham karena cedera, namun gelandang Amadou Haidara telah kembali dan berperann pada gol pembuka Mali dalam tiga menit pertama pertandingan.

Amadou Haidara yang juga merupakan pemain RB Leipzig melepaskan sundulan keras, namun sayangnya bola membentur tiang gawang, dan bola rebound tanpa disengaja ditendang Edmond Tapsoba yang justru mengarahkan bola masuk ke gawangnya sendiri.

Mali kembali punya peluang untuk memperlebar keunggulan saat mereka terus menerus menguji ketangguhan kiper Herve Koffi yang menjaga gawang Les Etalons, julukan timnas Burkina Faso.

Burkina Faso melakukan dua pergantian di awal babak kedua namun rencana permainan mereka hancur lebur dalam hitungan dua menit setelah bola kembali bergulir ketika jebakan offside yang gagal memungkinkan Lassine Sanayoko menggandakan keunggulan Mali menjadi 2-0.

Namun, skuad Les Etalons kembali bersemangat ketika VAR menunjukkan handball dari Kiki Kouyate di kotak penalti dan Edmond Traore sebagai eksekutor tendangan penalti berhasil membalas kesalahannya, skor 2-1 dan Burkina Faso masih punya harapan di 30 menit terakhir waktu normal.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Issoufou Dayo berhasil mencetak gol dengan sundulan kerasnya, semua mengira itu adalah penyama kedudukan yang terjadi di menit ke-90, sayangnya gol tersebut dibatalkan oleh wasit karena bendera offside telah diangkat.

Timnas Mali kini akan bersiap melawan tuan rumah Pantai Gading di babak perempat final Piala Afrika 2023.