Grup E Panas! Timnas Albania dan Moldova Punya Kans Mentas di Euro 2024

Gila BolaEuro 2024 sepertinya akan ada kejutan. Timnas Albania dan Moldova memiliki peluang untuk bermain di turnamen bergengsi antar negara di benua biru.

Kualifikasi Euro 2024 di setiap grupnya terdapat negara-negara unggulan. Artinya mereka memiliki kans yang besar bisa berlaga di Jerman tahun depan.

Namun tidak di Grup E. Pasalnya, timnas Polandia dan timnas Republik Ceko yang diunggulkan terancam tidak lolos dari fase grup kualifikasi Euro 2024. Hal ini karena kedua tim mendapatkan kejutan dari tim non unggulan.

Ya, timnas Albania dan Moldova yang kerap tak diperhitungkan justru sejauh ini telah memberikan kejutan untuk timnas Polandia dan timnas Republik Ceko.

Timnas Albania Menggila 

Dari lima pertandingan yang sudah dilakoni, timnas Albania baru mencatatkan satu kekalahan dari timnas Polandia. Menariknya, mereka cuma kalah tipis 1-0. Namun di leg kedua, pasukan Sylvinho mampu menang dengan skor 2-0.

Kini timnas Albania pun sudah mengemas 10 poin. Dari kemenangan leg kedua lawan timnas sepak bola Polandia membuat mereka puncaki klasemen Grup E kualifikasi Euro 2024.

Dengan lima laga tersisa dan lawan berat yang dihadapi cuma Ceko, maka timnas Albania memiliki kans berlaga di Euro 2024 mendatang. Jika berhasil, mereka akan tampil untuk kedua kalinya setelah pertama pada 2016.

Tim Unggulan Kesulitan 

Timnas Polandia telah menjalani lima pertandingan. Namun tim unggulan ini justru terpeleset di mana sudah menelan tiga kekalahan selama kualifikasi Euro 2024.

Apesnya, timnas Polandia kalah dari Moldova dengan skor 3-2. Kemudian Robert Lewandowski dan kolega juga dikalahkan timnas Albania dengan skor 2-0 di leg kedua.

Sementara satu laga lainnya kalah dari Republik Ceko di laga pertama.Kini timnas Polandia harus puas di bawah timnas Albania dan Moldova di mana menempati poisisi keempat dengan poin 6.

Moldova Kasih Kejutan 

Grup E wajar dibilang sedang panas. Pasalnya, timnas Moldova juga ikutan memberikan kejutan untuk Polandia dan Ceko. Tanpa diperkuat pemain bintang dan pemainnya tak bermain di lima liga top Eropa, timnas Moldova bisa kalahkan timnas Polandia.

Kemudian timnas Ceko mampu ditahan imbang tanpa gol di leg pertama. Teranyar, menang atas Kepulauan Faroe. Kini Moldova di peringkat kedua klasemen Grup E kualifikasi Euro 2024 dengan poin 8 dan sama seperti Ceko di peringkat kedua. Jika timnas Moldova lolos, maka akan menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya mentas di ajang Euro.

Kategori: Sepakbola, Internasional
Topik: Euro 2024, Timnas Albania