Guardiola Ampuni Cancelo, Main Selama 45 Menit Laga Manchester City

Gila Bola – Babak baru dalam hidup Joao Cancelo setelah bek asal Portugal itu terlihat bermain selama 45 menit pertandingan ujicoba Manchester City melawan Yokohama F Marinos, tadi malam.

Karir bek 29 tahun itu sebelum ini terlihat sudah habis setelah ia dibuang oleh Pep Guardiola ke Bayern Munchen selama setengah musim dan raksasa Bundesliga itu menolak melakukan transfer permanen di akhir masa pinjaman.

Tetapi bekas bek Inter, Valencia dan Juventus itu sepertinya memperoleh hidup baru setelah dimainkan selama 45 menit babak kedua laga melawan Yokohama di Tokyo National Stadium, yang berakhir pada Minggu petang (23/7).

Joao Cancelo Bahkan Menjadi Penyedia Assist untuk Gol Erling Haaland

Cancelo turun pada awal babak kedua bersama sembilan pemain outfield lainnya, termasuk Erling Haaland, Phil Foden, Rodri dan Aymeric Laporte. Peran penting bintang Portugal itu terlihat saat ia menjadi penyedia crossing yang terbukti menjadi assist untuk gol kelima Manchester City yang dicatatkan Haaland pada masa injury time, menit 92.

City bangkit dari ketertinggalan dua gol Yokohama untuk menyamakan skor 2-2 melalui gol-gol John Stones dan Julian Alvarez menjelang akhir babak pertama. Pertandingan seolah-olah akan berakhir imbang setelah berjalan secara ketat, sampai terjadilah gol pertama dari Haaland, enam menit saja sejak ia masuk ke dalam lapangan.

Skor 2-3 kemudian dijauhkan menjadi 2-4 oleh Rodri, sebelum satu pemain Yokohama membalaskan satu gol menjadi 3-4. Haaland menyelesaikan semua urusan laga persahabatan ini dengan gol menit 92 yang memastikan pertandingan berakhir 3-5.

Siapakah Joao Cancelo? Seberapa Penting Perannya?

Bek Portugal ini memainkan peran sangat penting bagi skuad Guardiola pada dua musim terakhir, namun terganggu oleh keputusan sang pelatih Catalonia yang tidak banyak memakainya usai Piala Dunia Qatar, November dan Desember 2022.

Ia dilaporkan melakukan beberapa hal yang menyinggung ego Guardiola, di antaranya mengenakan headphone pada sebuah sesi tim.

Karena itu sedikit mencengangkan melihat Cancelo dipakai selama 45 menit kedua laga di Tokyo National Stadium ini, mengingat bekas pelatih Barcelona itu jarang sekali menganulir pendapatnya sendiri. Tetapi kali ini terlihat ada kesempatan kedua bagi Cancelo.

Karir Joao Cancelo Sebelum Manchester City

Kita tidak tahu apa yang terjadi di balik layar, apakah sang pemain minta maaf pada sang pelatih. Tetapi penolakan Bayern Munchen untuk membuatnya permanen benar-benar mematikan karir pemain 29 tahun tersebut.

Sebelum bermain bagi tim biru langit, Cancelo pernah menjadi pemain Valencia, Inter Milan, Juventus, sebelum direkrut oleh Guardiola pada awal musim 2019/20.

Cancelo mencetak 8 gol bagi the Sky Blues sejak saat itu, selain 18 assist di semua kompetisi dalam tiga tahun terakhir, yang membuatnya menjadi pemain tidak tergantikan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!