Hasil Australia vs Indonesia Skor Akhir 4-0 di Piala Asia, Langkah Skuad Garuda Terhenti di Babak 16 Besar

Gilabola.com – Hasil Australia vs Indonesia di babak 16 besar Piala Asia yang berlangsung di Jassim bin Hamad Stadium, Doha, Minggu (28/1), berakhir dengan skor 4-0.

Langkah Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan benar-benar harus terhenti di babak 16 besar setelah kekalahan yang tak mengejutkan dari Australia malam ini. Skuad The Socceroos pun dengan mudah melaju ke babak perempatfinal turnamen empat tahunan ini.

Indonesia seakan mati langkah di pertandingan ini, meskipun Rafael Struick dan kawan-kawan berusaha mengambil kesempatan di menit-menit awal pertandingan untuk memimpin lebih dulu.

Namun, lawan yang mereka hadapi memang tak main-main, Australia yang pernah menjadi juara Piala Asia di tahun 2015 masih terlalu kuat untuk tim Merah Putih yang banyak diisi pemain muda, sementara Australia sudah langganan melaju di ajang ini.

Kran gol Australia justru dibuka lewat gol bunuh diri Elkan Baggott di menit ke-12. Skuad Graham Arnold itu kemudian menggandakan keunggulan mereka tepat di menit 45 lewat gol Martin Boyle.

Di babak kedua, Indonesia sebenarnya sudah berhasil keluar dari wilayah sendiri, tetapi upaya yang dilakukan Sandy Walsh dan kawan-kawan tak juga bersarang di gawang lawan.

Alih-alih mencetak gol balasan, gawang Indonesia malah kembali kebobolan di menit 89 lewat gol Craig Goodwin, setelah Australia terus meningkatkan tempo permainan mereka di babak kedua ini. Tak berhenti sampai di situ, Australia menggenapkan skor mereka menjadi 4-0 lewat aksi sundulan kepala Harry Souttar di menit 90+1.

Indonesia Mengancam Lebih Dulu, Elkan Baggott Malah Bobol Gawang Sendiri

Indonesia sebenarnya punya peluang lebih dulu di menit ke-6, ketika Rafael Struick mendapat peluang untuk menjebol gawang Australia dengan kaki kanannya. Sayang ia gagal memanfaatkan umpan silang Justin Hubner tersebut karena bola masih melambung. GAGAL!

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Empat menit kemudian Yakob Sayuri juga punya peluang yang harusnya bisa membawa Indonesia memimpin. Sayang tendangan kaki kanannya masih melebar!

Alih-alih menjebol gawang lawan, Elkan Baggott malah mencetak gol bunuh diri di menit ke-12. Australia pun memimpin 1-0.

Yakob Sayuri dan Marselino Nyaris Cetak Gol ke Gawang Australia

Indonesia nyaris samakan kedudukan di menit 23 saat Justin Hubner menembakkan bola ke arah gawang Australia, sayang tendangannya masih terlalu lemah dan bola berhasil diamankan kiper Australia.

Yakob Sayuri juga nyaris membawa Indonesia samakan kedudukan di menit 39, tapi tendangan bintang PSM Makassaer ini masih melambung!

Begitu juga dengan peluang Marselino Ferdinan di menit ke-40, tendangan Marselino masih melambung di atas mistar gawang Australia!

Australia Gandakan Skor di Akhir Babak Pertama, Tambah Dua Gol Lagi di Penghujung Laga

Sayangnya, sundulan kepala Martin Boyle berhasil menggandakan keunggulan Australia tepat di menit 45.

Di babak kedua, Indonesia mulai berhasil keluar dari area sendiri, beberapa tekanan mulai dilancarkan skuad Shin Tae-yong ke gawang Australia, tapi tak ada yang membuahkan hasil.

Australia nyaris menambah koleksi gol mereka tepat di menit 80, tapi upaya yang dilakukan Mitch Duke ke gawang Indonesia yang tengah ditinggal Ernando Ari masih melambung.

Ernando Ari sebenarnya bisa menggagalkan upaya yang dilakukan Jackson Irvine, tetapi bola muntah berhasil dimanfaatkan Goodwin untuk menambah koleksi gol Australia menjadi 3-0 di menit Craig Goodwin di menit 89.

Indonesia benar-benar tak berkutik di akhir laga ini dan Australia berhasil menambah koleksi golnya di menit 90+1, saat Harry Souttar berhasil memanfaatkan umpan sepak pojok dengan sontekan kepalanya. 4-0 Untuk Australia!

Susunan Pemain Australia vs Indonesia

  • Australia (4-4-1-1): Mathew Ryan; Gethin Jones, Harry Souttar, Kye Rowles, Azis Behich; Martin Boyle, Keanu Baccus, Jackson Irvine, Jordan Bos; Riley McGree; Bruno Fornaroli.
  • Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh; Shayne Pattynama, Justin Hubner, Ivar Jenner, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Yakob Sayuri.