Timnas Indonesia Kalah Telak dari Australia, Statistiknya Cuma Bagus di Babak Pertama

Gilabola.com – Timnas Indonesia tetap punya statistik bagus di laga babak 16 besar Piala Asia melawan Australia di Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1), walau laga itu ditutup dengan kemenangan The Socceroos, 4-0.

Gol-gol di kandang Australia lewat gol bunuh diri Elkan Baggott di menit ke-12, Martin Boyle tepat di menit 45, Craig Goodwin di menit 89 dan Harry Souttar di menit 90+1.

Di laga ini, Timnas Indonesia bermain dengan formasi 3-4-3, dan Shayne Pattynama yang semula absen di fase grup langsung diturunkan sebagai starter di pertandingan ini. Sementara Australia beraksi dengan formasi 4-4-1-1.

Di awal babak pertama laga Indonesia vs Australia, tim Merah Putih sebenarnya punya banyak peluang. Rafael Struick dan kawan-kawan bahkan berhasil lakukan lima tendangan ke arah gawang Mathew Ryan, tapi hanya satu tembakan yang on target, dari upaya Justin Hubner di menit ke-23.

Australia Bermain Efektif, Peluangnya Langsung Hasilkan Gol

Sedangkan Australia, tunjukkan permainan efektif dengan tempo lambat dan hanya lepaskan satu tendangan on target yang justru berakhir di gawang Ernando Ari.

Sementara dari sisi penguasaan bola, Indonesia berhasil lakukan penguasaan bola 46 persen berbanding Australia sebanyak 54 persen.

Namun, performa bagus skuad Garuda di babak pertama gagal membendung permainan lawan, dan Australia pun memimpin 2-0 sebelum jeda turun minum.

Lalu, tak ada perubahan berarti bagi kedua tim di 45 menit terakhir, karena Australia tetap berhasil mendikte permainan Indonesia dengan tampilkan permainan tempo mereka.

Peluang Australia Lebih Banyak di Babak Kedua

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Laga di babak kedua yang berjalan lambat, dengan skuad The Socceroos yang terus mendikte permainan skuad Garuda, mereka pun kembali unggul dalam penguasaan bola dengan persentase yang bisa mencapai 52 persen berbanding 48 persen.

Di babak kedua ini, skuad asuhan Graham Arnold itu juga memiliki lebih banyak peluang, yakni enam peluang dan tiga di antaranya tembakan mengarah ke gawang. Sementara Indonesia, peluang yang berhasil tercipta di babak kedua ini jauh menurun, yakni hanya satu peluang dan itupun tak mengarah ke gawang lawan.

Australia kemudian menambah dua gol lagi di babak kedua, yang sama-sama  tercipta di menit-menit akhir babak kedua. Craig Goodwin menambah koleksi gol mereka di menit 89. Lalu, Harry Souttar menggenapkannya menjadi 4-0 di masa injury 90+1.

Akibatnya, langkah Indonesia pun terhenti di babak 16 besar Piala Asia, dan akan segera tinggalkan Qatar.