Hasil Indonesia vs Australia 1-0, Skuad Garuda Dekati Puncak Klasemen Grup

Gila BolaHasil Indonesia vs Australia di laga kedua fase Grup A Piala Asia U23 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4) malam, berakhir dengan skor 1-0.

Indonesia berhasil amankan poin sempurna usai dan meroket ke peringkat dua klasemen grup setelah secara mengejutkan berhasil kalahkan Australia malam ini.

Satu-satunya gol yang tercipta di pertandingan ini dibukukan Komang Teguh tepat di menit 45 – pemain yang sebelumnya lakukan handball yang berujung penalti untuk kubu Australia.

Beruntung Mohamed Toure yang tampil sebagai eksekutor penalti Australia di menit ke-25 gagal menyarangkan tembakannya, setelah bola berhasil diamankan Ernando Ari yang tak tertipu oleh gerakan Toure ketika itu.

Ernando Ari pula yang terus-menerus lakukan penyelamatan gemilang di depan gawang tim Merah Putih, hingga tak satupun peluang Australia yang berhasil bersarang di gwaang Indonesia dan menyamakan kedudukan.

Ini menjadi kemenangan pertama Indonesia di fase Grup A Piala Asia U23/2024 yang digelar di Qatar. Di laga perdana melawan tuan rumah, Indonesia kalah 0-2 dan kehilangan dua pemain sekaligus, Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta, yang dikartu merah wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov, yang memang mengeluarkan banyak keputusan kontroversial di laga itu.

Timnas Indonesia Tampil Beda Malam Ini!

Kedua tim yang sama-sama mengincar poin sempurna berusaha tampil menekan sejak kickoff.

Namun Indonesia nyaris memimpin lebih dulu saat laga baru berjalan dua menit lewat aksi Jeam Kelly Sroyer.

Indonesia U23 tunjukkan permainan berbeda di laga ini. Termasuk di lini pertahanan yang cukup menyulitkan bagi tim lawan.

Indonesia kembali mendapat peluang gol lewat aksi Rafael Struick di menit ke-15. Sayang bola masih melebar.

Namun, Australia mendapat kesempatan emas di menit ke-25 setelah Komang Teguh lakukan handball di area penalti.

Ernando Ari menjadi pahlawan bagi Indonesia setelah kiper Persebaya itu berhasil menggagalkan eksekusi penalti Australia yang dilakukan Mohamed Toure. Gawang Indonesia pun tetap cleansheet di pertengahan babak pertama ini.

Berhasil membendung peluang lawan, Skuad Garuda langsung tancap gas lakukan serangan balik.

Setidaknya ada dua peluang gol yang berhasil diciptakan anak asuh Shin Tae-yong. Satu peluang cantik Marselino bahkan nyaris bersarang di gawang Australia, sayang peluang jarak dekat ini masih melebar.

Komang Teguh seakan membayar kesalahan handball yang dilakukannya dengan menyundul bola umpan Nathan masuk gawang Australia. GOL!! 1-0 Untuk Indonesia.

Australia Tampil Lebih Ngotot di Babak Kedua

Australia ngotot mencetak gol balasan di babak kedua. Mereka nyaris berhasil melakukannya, kalau saja tendangan Toure tak bisa dibendung Ernando di menit ke-52.

Ambisi Australia untuk samakan kedudukan membuat mereka berkali-kali lancarkan serangannya ke wilayah pertahanan tim Merah Putih.

Namun Ernando berkali-kali lakukan penyelamatan gemilang, di samping lini belakang Indonesia yang juga tampil on fire di laga ini. Tim Merah Putih pun berhasil mempertahankan keunggulannya hingga laga usai.

Susunan Pemain Indonesia vs Australia

  • Timnas Indonesia U23 (3-4-3): Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Komang Teguh; Fajar Fathur Rahman, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman.
  • Australia U23: Patrick Beach (PG); Alexander Popovic, Jacob Italiano, Jordan Courtney-Perkins, Lucas Mauragis; Keegan Jelacic, Ryan Teague, Jake Hollman, Aadrian Segecic; Nishan Velupillay, Mohamed Toure.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!