Hasil Indonesia vs Irak Skor 1-3, Timnas Garuda Posisi Buncit Klasemen Grup D Piala Asia

Hasil pertandingan antara Indonesia vs Irak di matchday pertama fase Grup D Piala Asia berakhir dengan skor 1-3, satu-satunya gol timnas Garuda dicetak oleh Marselino Ferdinan.

Timnas Irak unggul lebih dulu lewat gol Muhamad Ali di menit ke-17, Marselino Ferdinan berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-37, namun akhirnya dua gol tambahan dari Osama Rashid menit 45+7 dan gol Aymen Hussein menit ke-75 mengunci kemenangan Irak dengan skor akhir 1-3.

Babak Pertama, Irak Langsung Tekan Indonesia

Berlaga di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada hari Senin (15/1/2024), pertahanan Indonesia terus diuji sejak awal oleh timnas Irak yang menciptakan sejumlah peluang berbahaya.

Peluang pertama bagi Irak muncul pada menit ke-3. Memanfaatkan situasi bola mati, sundulan Osama Rashid masih melebar dari gawang Indonesia. Beberapa peluang lainnya dari timnas Irak hampir saja berujung gol, termasuk satu peluang yang memantul dari mistar gawang Indonesia setelah situasi bola mati lawan.

Tekanan terus dilakukan, dan pada akhirnya gawang Indonesia berhasil dibobol pada menit ke-17. Mohanad Ali sukses mencetak gol setelah memanfaatkan umpan terobosan dari pemain Irak yang berhasil merebut bola dari Marselino Ferdinan. Meskipun tiga pemain Indonesia ada di dekatnya, namun upaya mereka untuk menghalau gagal, dan Ali dengan mudah menjebol gawang dengan sepakan kencang, membuat Irak unggul 1-0.

Timnas Indonesia memiliki peluang emas pada menit ke-26 ketika Rafael Struick mendapatkan umpan dari Yakob Sayuri di sisi kanan kotak penalti. Sayangnya, Struick kehilangan kendali bola setelah bola direbut oleh lawan. Pada momen tersebut, Struick terlihat kesulitan untuk membuat keputusan cepat antara berbagi bola atau langsung melakukan tendangan.

Meskipun tertinggal satu gol, Timnas Garuda tetap gigih. Marselino Ferdinan berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-36. Gol ini berasal dari akselerasi impresif Yakob Sayuri di sisi kanan lapangan. Umpan silang mendatar dari Yakob tidak dapat dihalau oleh lini belakang Irak, dan Marselino dengan sigap mengejar bola tersebut untuk mencetak gol dengan tendangan kaki kanan.

Namun, kebahagiaan Indonesia hanya bertahan sebentar karena Irak kembali unggul menjelang akhir babak pertama melalui gol Osamah Jabbar. Gol ini berawal dari tendangan Ali Jasim yang tidak bisa ditangkap dengan sempurna oleh Ernando Ari.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Meskipun gol Osamah sempat ditinjau menggunakan VAR dan terdapat kontroversi terkait potensi offside dari Mohanad Ali yang mengganggu kiper Ernando sebelum gol tercipta, wasit Tantashev Ilgiz memutuskan untuk mengesahkan gol tersebut.

Gol kedua Irak yang dicetak Osamah Jabbar ini menjadi perdebatan kontroversial di media sosial terkait offside atau tidak.

Babak Kedua Indonesia Kembali Kebobolan

Pada awal babak kedua, Pelatih Shin Tae Yong segera melakukan perubahan pemain dengan memasukkan Witan Sulaeman menggantikan kapten Asnawi Mangkualam pada menit ke-46.

Amir Fouad berhasil mencetak gol pada menit ke-50 setelah menerima operan dari Mohanad Ali. Meskipun tendangan kaki kiri mendatar Amir mengarah dengan mulus ke sisi kiri gawang Indonesia, gol tersebut dianulir oleh wasit karena dianggap offside.

Kesempatan Indonesia untuk mencetak gol terbuang saat Marselino tidak dapat menguasai bola dengan baik. Rizky Ridho memberikan umpan terobosan yang apik dari sisi kanan kepada Marselino Ferdinan. Sayangnya, kendali Marselino tidak optimal, sehingga bola dapat ditangkap oleh kiper lawan.

Gawang Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-75! Striker pengganti, Aymen Hussein, berhasil membobol gawang Indonesia dengan tendangan setengah voli setelah menerima umpan silang dari sisi kanan. Aymen memenangkan duel dengan Rizky Ridho, dan pada saat Ridho terhuyung-huyung, Aymen melepaskan tendangan setengah voli yang menghujam gawang Indonesia. Dengan gol ini, Irak unggul 3-1 dan skor bertahan hingga akhir.

Klasemen Indonesia di Grup D

Kekalahan ini menempatkan Indonesia di posisi buncit klasemen Grup D, posisi pertama ditempati oleh Jepang dengan dan posisi kedua Irak sama-sama 3 poin, sementara Vietnam di posisi ketiga karena unggul selisih gol memasukkan dari Indonesia.

TeamMPGoalsPts
Japan14 – 23
Iraq13 – 13
Vietnam12 – 40
Indonesia11 – 30

Susunan Pemain Indonesia vs Irak

  • Timnas Indonesia: Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick
  • Timnas Irak: Jalal Hassan (PG); Hussein Ali Haidar, Saud Natiq, Ali Adnan, Merchas Gazhi; Osama Rashid, Ibraheem Bayesh, Amir Al Ammari; Zidane Iqbal, Mohanad Ali, Ali Jasim