Pemain Timnas Hongkong Cetak Gol ke-1000 di Piala Asia

Gila Bola – Timnas Hong Kong barangkali memang tak diperhitungkan di ajang Piala Asia 2023. Namun, salah seorang pemainnya berhasil mengukir sejarah di turnamen empat tahunan ini.

Seperti halnya Timnas Indonesia, Hong Kong juga menjadi tim underdog di ajang ini. Posisi Hong Kong di ranking Fifa saat ini bahkan terpaut lima posisi di bawah Indonesia, yakni di peringkat 150.

Namun, siapa yang menduga jika salah seorang pemainnya, Philip Chan, berhasil mencetak gol ke-1000 di ajang ini.

Gol penting dibukukan Philip Chan untuk Hong Kong di menit ke-49 laga melawan Uni Emirat Arab. Gol itu berhasil membawa Hong Kong samakan kedudukan, tapi tak bisa menghindari dari kekalahan 1-3 di laga Grup C tersebut.

Kebetulan sekali gol yang dibukukan Chan itu terjadi 67 tahun setelah gol pertama dalam sejarah turnamen Piala Asia – dicetak rekan senegaranya, Au Chi Yin, yang catatkan namanya dalam sejarah Piala Asia.

Gol Yin tercipta 12 menit setelah kickoff di laga pembuka melawan Korea Selatan yang digelar di Government Stadium, 1 September 1956. Au menambah gol kedua bagi tuan rumah, sehingga mencetak dua gol pertama dalam sejarah kompetisi, meskipun mereka akhirnya dikalahkan 3-2.

Gol Philip Chan Jadi Gol ke-13 di Piala Asia Kali Ini

Penyelesaian gemilang Chan menjadi gol ke-13 di ajang Piala Asia edisi kali ini, dan ia menjadi pemain Hong Kong ke-9 yang berhasil mencetak gol di tim tersebut. Ini menjadi Piala Asia pertama Hong Kong selama 56 tahun terakhir, atau yang pernah sejak tahun 1968.

Jumlah gol keseluruhan di Asian Cup – tak termasuk kualifikasi, bisa mencapai tiga digit untuk pertama kalinya pada edisi 1972. Legenda Korea Selatan, Lee Hoe-taik, mencetak gol keduanya pada menit ke-59 di laga melawan Kamboja – saat itu masih bernama Republik Khmer, dan itu merupakan gol ke-100. Ketika itu Thailand menang 4-1 laga Grup B yang digelar di Stadion Nasional, Bangkok, Thailand, 10 Mei.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Lalu, di era milenium, tercipta gol ke-500 di ajang Piala Asia ini. Gelandang serang China, Qi Hong, berhasil samakan kedudukan 1-1 di laga melawan Jepang di laga semifinal yang berlangsung di Stadion Sports City, Beirut, 26 Oktober.

Ketika itu, tim Samurai Biru menang 3-2 dan sukses melaju ke final. Mereka lalu kalahkan Arab Saudi dan menjadi juara di Piala Asia 2000.

Rekor 1000 Gol Sudah Terlihat Sejak Empat Tahun Lalu

Angka ajaib 1000 gol ini semakin jelas terlihat setelah ajang Piala Asia 2019, yang berakhir dengan 130 gol yang luar biasa. Itu menjadi edisi pertama turnamen tersebut yang berhasil menembus 100 gol, dan alami peningkatan total sepanjang masa menjadi 987.

Qatar yang merupakan tim juara bertahan berhasil mencapai angka 990 lewat kemenangan 3-0 atas Lebanon pekan lalu. Almoez Ali mencetak golnya yang ke-10 di turnamen empat tahunan ini dan samai rekor mantan penyerang Korea Selatan, Lee Dong-gook, dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Dengan 44 pertandingan tersisa di Piala Asia tahun lalu, fans sepak bola Asia dipastikan bakal menantikan lebih banyak gol lagi di turnamen ini.