Kalahkan Malaysia, Yordania Kuasai Puncak Klasemen Grup E

Gila Bola – Yordania berhasil menggusur Korea Selatan dari puncak klasemen Grup E usai menang atas Malaysia 4-0 pada laga kedua grup Piala Asia 2024, Selasa dinihari (16/1).

Mahmoud Al Mardi mencetak dua gol, sebelum dan sesudah gol kedua dari pemain Montpellier Mousa Al-Tamari, guna memastikan tim nasional mereka sudah unggul tiga gol, bahkan sebelum babak pertama berakhir.

Tidak ada gol dari pihak Malaysia selama paruh kedua permainan di Al Janoub Stadium ini, meskipun pelatih Kim Pan Gon berusaha menyelamatkan Harimau Malaya dengan melakukan satu rotasi pada awal paruh kedua dan dua pergantian setelahnya di tengah babak kedua.

Al-Tamari menambahkan satu gol lagi lima menit jelang bubaran guna menjadikan selisih gol mereka terbesar di antara semua tim Grup E Piala Asia AFC.

Malaysia Dominasi Bola, Tapi Kalah Agresif

Data selama 90 menit memperlihatkan Malaysia mendominasi penguasaan bola, bahkan sampai mendekati 60 persen selama 45 menit kedua, tapi tidak linear dengan peluang golnya.

Hanya ada tiga kali serangan tepat sasaran dari tim kuning itu ke arah gawang Abu Laila. Sebaliknya meski Yordania kalah dalam hal dominasi bola, mereka berhasil melepaskan delapan serangan tepat sasaran dari 13 kali upaya. EmpatĀ  menjadi gol.

Posisi Ranking FIFA Malaysia dan Yordania

Harimau Malaya merupakan tim urutan 130 dunia, sedangkan Yordania posisi 87 dalam daftar ranking FIFA.

Namun sebenarnya hal itu tidak terlalu terlihat dari laga Grup E ini dengan pihak Malaysia lebih dominan daripada lawannya.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Serangan-serangan dari pasukan Kim kurang berbahaya, terlihat dari angka harapan gol, atau xG, yang cuma mencapai 0.46 saja selama 90 menit.

Sementara itu skuad asuhan Hussein Ammouta memperlihatkan keunggulan dalam hal serangan-serangan berbahaya yang mencapai angka xG 2.16, sejalan dengan jumlah tiga gol mereka itu.

Penjaga gawang yang hari-harinya membela Johor DT, Hazmi Ahmad, berperan besar mencegah tim asal Asia Tenggara itu kebobolan lebih banyak gol, dengan melakukan tiga penyelamatan penting.

Posisi Klasemen Grup E Piala Asia AFC

Yordania di urutan pertama dengan tiga poin dan selisih gol 4:0, Korea Selatan di posisi kedua dengan nilai sama, tetapi selisih gol 3:1.

Bahrain di urutan ketiga Grup E ini dengan poin nol, usai kekalahan di tangan Korea Selatan dari laga pertama, sedangkan Malaysia menghuni posisi paling buncit.