Hasil Liga Europa: Liverpool Menang, Tapi Tetap Tersingkir, Harapan Tinggal Liga Inggris

Gila BolaLiverpool akhirnya harus menerima nasib pahit dengan tersingkir dari Liga Europa usai kekalahan agregat 3-1 mereka dari Atalanta dalam pertandingan babak perempat final.

Kekalahan 0-3 sebelumnya di kandang terbukti sangat memberatkan bagi Liverpool untuk bisa melakoni comeback di leg kedua, di mana dua gol Gianluca Scamacca dan gol Mario Pasalic membungkam Anfield kala itu.

Mengusung misi wajib menang dengan margin empat gol, Jurgen Klopp menurunkan kekuatan terbaiknya dalam pertarungan leg kedua melawan Atalanta di Bergamo pada Jumat (19/4) dini hari WIB.

Beberapa perubahan dilakukan dari tim yang kalah di leg pertama, seperti Trent Alexander-Arnold yang menempati bek kanan, Dominic Szoboslai kembali ke lini tengah, dan Mohamed Salah starter di depan.

Sebenarnya, ada harapan besar bagi pasukan Jurgen Klopp untuk bisa melakukan comeback mustahil itu mengingat usaha mereka untuk mendapatkan gol cepat membuahkan hasil.

Dalam sebuah serangan menit keenam, percobaan umpan silang Trent Alexander-Arnold mengenai tangan Matteo Ruggeri dan sontak wasit langsung menunjuk titik putih untuk penalti.

Mohamed Salah yang maju sebagai eksekutor kemudian mengambil tugas dan menyelesaikannya dengan baik, membuat Liverpool sudah unggul satu gol sejak menit ketujuh.

Sejak itu para pemain The Reds terus berjuang mencari gol tambahan dan menyerang dari berbagai arah, namun Gian Piero Gasperini sudah mengantisipasinya dengan pertahanan rapat dalam formasi 3-4-1-2.

Pada akhirnya, meski menguasai hingga 71 persen penguasaan bola, Liverpool cukup kesulitan dalam melancarkan tembakan ke gawang Juan Musso, dengan hanya 10 tembakan yang berhasil mereka lakukan sepanjang laga.

Beberapa perubahan coba dilakukan Jurgen Klopp untuk menambah daya serangan timnya, termasuk dengan memasukkan Diogo Jota dan Darwin Nunez dari bench, sayangnya itu tidak membuahkan hasil.

Skor 0-1 tetap bertahan hingga laga bubar, memastikan Liverpool tersingkir dari Liga Europa dengan skor agregat 3-1, sementara Atalanta melaju ke babak semifinal yang bersejarah bagi mereka.

Dengan kekalahan ini, maka harapan tersisa bagi The Reds untuk diperjuangkan di sisa musim ini adalah Premier League, di mana mereka saat ini tertinggal dua poin dari Manchester City di puncak klasemen.

Starting XI Atalanta (3-4-1-2) : Musso; Djimsiti, Hien, Kolasinac; Zappacosta, Ederson, de Roon, Ruggeri; Koopmeiners; Miranchuk, Scamacca

Starting XI Liverpool (4-3-3) : Alisson; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson; Szoboszlai, Mac Allister, Jones; Salah, Gakpo, Diaz.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!