Hasil Piala Asia: Irak vs Yordania Skor Akhir 2-3, 10 Pemain Singa Mesopotamia Akhirnya Menyerah!

Gilabola.com – Hasil Irak vs Yordania di babak 16 besar Piala Asia yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Senin (29/1), berakhir dengan skor 2-3.

Irak gagal melaju ke perempatfinal Piala Asia setelah mereka sempat comeback dan unggul atas Yordania. Irak juga kehilangan mesin gol mereka, Aymen Hussein, yang menerima kartu kuning kedua usai sempat membawa tim Singa Mesopotamia unggul.

Bermain hanya dengan 10 pemain, Irak tak mampu membendung gempuran Yordania di akhir laga. Situasi pun seketika berbalik dan Yordania – salah satu tim peringkat tiga terbaik, justru memimpin atas Irak di akhir laga.

Di laga ini, Yordania secara mengejutkan berhasil memimpin lebih dulu lewat gol Yazan Al-Naimat di menit 45+1. Namun, Irak berhasil samakan kedudukan lewat sundulan kepala Suad Natiq di menit 68.

Irak yang habis-habisan berusaha mencetak gol penentu kemenangan akhirnya berbalik unggul 2-1 lewat gol indah Aymen Hussen di menit 76. Sayangnya, Aymen harus mandi lebih cepat satu menit setelah mencetak gol tersebut, karena wasit mengeluarkan kartu kuning kedua untuknya.

Hanya diperkuat 10 pemain, Timnas Irak akhirnya gagal mempertahankan keunggulan mereka atas Yordania – yang berusaha kuat memanfaatkan ketimpangan lawan.

Yordania menambah dua gol lagi di masa injury. Yazan Al-Arab samakan kedudukan menjadi 2-2 di menit 90+5. Hanya dua menit kemudian, tendangan jarak jauh Nizar Al-Rashdan berhasil membawa Yordania menutup laga dengan keunggulan 3-2.

Secara mengejutkan, Irak yang tak pernah kalah di fase grup dan selalu tampil mendominasi lawan-lawan mereka – termasuk Indonesia, serta difavoritkan menjadi juara, harus angkat koper setelah dikalahkan Yordania, 2-3.

Yordania Kalah Penguasaan Bola Malah Unggul di Akhir Babak Pertama

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Di babak pertama, ball possession Yordania sebenarnya kalah jauh dari Irak, bahkan hingga 36 persen berbanding 64 persen.

Namun pemain Yordania, Yazan Al-Naimat, berhasil memanfaatkan kesalahan pemain Irak dalam mengoper bola, hingga ia berhasil menyambar bola dan lakukan serangan balik secepat kilat seorang diri.

Yazan langsung menggiring bola ke gawang Irak dan sukses mengecoh sang kiper, untuk kemudian menceploskan bola ke gawang lawan tanpa mampu dibendung lagi. Yordania pun memimpin di masa injury 45+1.

Irak Ngotot Cetak Gol di Babak Kedua, dan Samakan Kedudukan

Irak sudah berhasil mengancam gawang Yordania sejak menit-menit awal babak kedua, bahkan Ahmed Al-Hajjaj punya peluang emas untuk Irak lewat sundulan kepalanya saat laga baru berjalan dua menit.

Di awal babak kedua, Irak langsung tampil menekan dan berusaha mati-matian mencetak gol penyama kedudukan, tapi tak ada satupun yang bersarang di gawang lawan.

Skuad Irak terus-menerus menguasai bola dan menciptakan banyak peluang, namun tak satupun yang berhasil bersarang di gawang Yordania.

Upaya Irak akhirnya membuahkan hasil di menit 68 saat sundulan kepala Suad Natiq dari tengah kotak penalti akhirnya membawa tim asuhan Jesus Casas itu samakan kedudukan 1-1.

Habis Bawa Irak Bangkit, Aymen Hussein Dikartu Merah

Alih-alih mencetak gol penentu kemenangan, gawang Yordania malah kembali kebobolan. Aymen Hussein yang tak terkawal berhasil mengontrol bola dengan baik dan langsung menyarangkannya ke gawang Yordania. Irak pun berbalik memimpin 2-1 di menit 76.

Namun hanya semenit kemudian, Aymen mendapat kartu kuning kedua karena selebrasi berlebihan yang dilakukan. Top skorer sementara di Piala Asia edisi ke-18 inipun harus tinggalkan lapangan, dan Irak bermain hanya dengan 10 pemain.

Yordania Tambah Dua Gol Lagi di Akhir Laga

Berkurangnya kekuatan lawan membuat Yordania mendapat angin segar untuk samakan kedudukan, bahkan bukukan kemenangan. Mereka terus lancarkan serangannya ke area pertahanan Irak, meskipun tim Singa Mesopotamia beberapa berhasil menggagalkan serangan tim asuhan Hussein Ammouta tersebut.

Namun, di masa injury, gawang Irak akhirnya jebol juga! Yordania berhasil samakan kedudukan lewat gol Yazan Al-Arab di menit 90+5.

Hanya dua menit kemudian, Yordania malah berbalik unggul lewat tendangan jarak jauh Nizar Al-Rashdan yang secara mengejutkan sukses membawa Yordania melaju ke babak perempat final.

Susunan Pemain Irak vs Yordania

  • Irak (4-2-3-1): J Hasan; H Ali, S Natiq, R Sulaka, A Al-Hajjaj; O Rashid, A Al-Ammari; I Bayesh, A Jasim, Y Amyn; Aymen Hussein.
  • Yordania (3-4-2-1): Y Abu Laila; S Al-Ajalin, Y Al-Arab, A Nasib; A Al Mardhi, R Hasan, N Al-Rashdan, I Haddad; A Olwan, M Al-Taamari; Y Al-Naimat.