Hasil Piala Asia: Tajikistan vs Yordania Skor Akhir 0-1, Gol Bunuh Diri Akhiri Perjuangan Tim Debutan

Gilabola.com – Hasil Tajikistan vs Yordania di babak perempatfinal Piala Asia yang berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Jumat (2/2), berakhir dengan skor 0-1.

Perjuangan tim debutan, Tajikistan, akhirnya berhenti di babak perempatfinal. Mereka telah tunjukkan permainan gemilang sejak laga pertama di fase grup, dengan berhasil menahan imbang China 0-0, kalahkan Lebanon 2-1 dan hanya kalah dari Qatar, 0-1.

Di babak 16 besar, tim asuhan Petar Segrt itu juga tampil heroik dan menang atas Uni Emirat Arab  lewat adu penalti yang berakhir dengan skor 5-3 (1-1).

Sayangnya, Tajikistan gagal melaju ke babak berikutnya setelah dikalahkan Yordania dengan skor tipis, 1-0. Apesnya lagi, keunggulan itu diraih Yordania berkat gol bunuh diri bek Tajikistan, Vakhdat Khananov, di menit 66.

Padahal – terutama di babak kedua, Tajikistan berhasil berkali-kali mengancam gawang Yordania. Tajikistan yang beberapa kali berhasil ditekan Yordania di babak pertama, berusaha melawan di babak kedua dan lancarkan serangannya ke gawang lawan.

Namun, Tajikistan harus akui keunggulan Yordania saat bola tembakan Abdallah Nasib mengenai badan Khanonov dan masuk gawang sendiri.

Berkat keunggulan yang berhasil dipertahankan Yordania hingga akhir pertandingan, skuad asuhan Hussein Ammouta itupun menjadi tim pertama yang berhasil melaju ke semifinal Piala Asia edisi ke-18 ini.

Yordania Banyak Buang Peluang di Babak Pertama

Yordania sukses menguasai jalannya laga di babak pertama, meskipun mereka tak bermain klinis dan banyak peluang yang terbuang sia-sia.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Padahal, Yordania berhasil mengancam gawang Tajikistan saat laga baru berjalan tiga menit, lewat tembakan kaki kiri Yazan Al-Naimat dari luar kotak penalti. Sayangnya upaya ini gagal bersarang di gawang Yatimov.

Sedangkan Tajikistan, punya peluang emas di menit ke-15 saat tembakan Shervoni Mabatshoev hanya membentur mistar gawang Yordania. Alisher Shukurov yang berusaha memanfaatkan bola rebound sesaat kemudian pun belum beruntung, karena bola masih melebar dari sasaran.

Yordania kembali mendapat peluang memimpin tepat di menit ke-30, tapi lagi-lagi peluang Al-Naimat gagal memecah kebuntuan.

Tiga menit kemudian, giliran Manuchekhr Safarov yang nyaris membawa Tajikistan memimpin, tetapi bola berhasil diamankan kiper Yordania, Abu Laila.

Yordania Kuasai Jalannya Laga di Babak Pertama

Yordania benar-benar tampil ngotot di 15 menit terakhir. Sejumlah peluang tercipta di antaranya lewat aksi Ali Olwan dan, lagi-lagi, Al-Naimat, tetapi tak ada satupun yang membuahkan hasil.

Di babak pertama ini Yordania lebih menguasai jalannya laga dengan keunggulan hingga 57 persen berbanding 43 persen. Yordania juga sukses sodorkan hingga 267 operan dengan akurasi mencapai 82 persen, sedangkan Tajikistan hanya 212 operan dengan akurasi yang sebenarnya tak kalah jauh, 79 persen.

Yordania berhasil lancarkan lima tembakan di babak pertama, di mana dua di antaranya on target. Sedangkan Tajikistan, hanya berhasil mengancam gawang Yordania dengan tiga tembakan, dan hanya satu yang on target.

Tajikistan Tancap Gas di Babak Kedua, Tapi Malah Kebobolan

Tajikistan langsung tancap gas di awal babak kedua. Sayang tendangan kaki kiri Parvizdzhon Umarbayev dari luar kotak penalti masih melebar.

Tim asuhan Petar Segrt itu bermain lebih ngotot di babak kedua, dan berusaha terus mengancam gawang Yordania.

Namun alih-alih memimpin, gawang Tajikistan malah kebobolan. Yordania berhasil memecah kebuntuan di menit 66 sesaat setelah sundulan kepala Abdallah Nasib terkena pundak Vakhdat Khanonov, dan masuk ke gawangnya sendiri. GOL! Yordania pun unggul 1-0.

Tajikistan yang berambisi mengukir sejarah di Piala Asia pertama mereka ini berusaha mati-matian mencetak gol ke gawang Yordania usai tertinggal. Namun, tak satupun upaya mereka yang membuahkan gol.

Sebaliknya, gawang Tajikistan pun beberapa kali terancam oleh upaya ngotot para pemain Yordania yang berambisi mencetak gol tambahan. Namun tak satupun dari upaya itu yang membuahkan hasil, dan skor 1-0 untuk kemenangan Yordania pun menutup laga di perempatfinal ini.

Susunan Pemain Tajikistan vs Yordania

  • Tajikistan (4-2-2-2): R Yatimov; M Safarov, V Khanonov, Z juribaev, A Nazarov; A Shukurov, P Umarboev; S Mabatshoev, E Panjshanbe; S Samiev, A Dzhalilov.
  • Yordania (3-4-2-1): Y Abu Laila; S Al Ajalin, Y Al-Arab, A Nasib; A Al Mardhi, N Al-Rawabdeh, R Hasan, I Haddad; A Olwan, M Al-Taamari; Y Al-Naimat.