Hasil Qatar vs Indonesia 2-0, Skuad Garuda Terima Dua Kartu Merah di Laga Perdana Piala Asia U23

Gila Bola – Hasil Qatar vs Indonesia di pertandingan pertama Grup A Piala Asia U23 yang digelar di Stadion Jassim bin Hammad, Doha, Senin (15/4) malam, berakhir dengan skor 2-0.

Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah, Qatar, di laga perdana ini. Harus diakui, kekalahan 0-2 ini tak lepas dari berkurangnya kekuatan Skuad Garuda akibat kartu merah yang diterima Ivar Jenner di awal babak kedua.

Bukan itu saja, Indonesia juga harus kehilangan Ramadhan Sananta di akhir laga – juga akibat dua kartu kuning, yang membuahkan pengusiran terhadap pemain Persis Solo tersebut. Skuad Garuda pun harus bermain dengan sembilan pemain di akhir pertandingan.

Hal ini tak lepas pula dari kepemimpinan wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov, yang dianggap memberikan beberapa keputusan kontroversial menguntungkan tuan rumah di laga pembuka Piala Asia U23 ini.

Qatar sendiri sudah memimpin 1-0 di akhir babak pertama, saat Khalid Ali Sabah mencetak gol ke gawang Ernando Ari dari titik putih.

Setelah Indonesia hanya bermain dengan 10 pemain, Qatar kembali menjebol gawang Ernando di menit Ahmed Al-Rawi di menit 54.

Skor 2-0 untuk keunggulan Qatar ini bertahan hingga laga usai, meskipun Marselino Ferdinan dan kawan-kawan berjuang ekstra keras untuk mengejar ketertinggalan, tapi tak satupun peluang yang membuahkan hasil.

Marselino Ferdinan, Rafael Struick dan Ramadhan Sananta – yang baru bermain di babak kedua, sebenarnya punya beberapa peluang yang harusnya bisa membuat Indonesia mengejar. Sayangnya, tak ada satupun peluang yang membuahkan gol balasan.

Akibat kekalahan ini, Indonesia berada di posisi juru kunci Grup A dengan koleksi nol poin. Sementara Qatar ada di posisi teratas dengan tiga poin.

Indonesia Tertekan, Qatar Memimpin di Akhir Babak Pertama

Indonesia berusaha tampil menekan sejak awal laga, tetapi beberapa kali tim asuhan Shin Tae-yong itu harus merasakan gempuran tim tuan rumah yang juga tampil ngotot sejak kickoff.

Beberapa kali gawang Ernando Ari terancam, meskipun Indonesia juga berusaha kuat menguasai jalannya bola

Ferarri nyaris membawa Indonesia memimpin di menit ke-26, saat ia berusaha menyarangkan umpan lemparan ke dalam dengan sundulan kepalanya. Sayangnya bola berhasil ditangkap kiper Qatar, Yousef Baliadeh.

Ferarri kembali memiliki peluang emas di menit ke-37, yang sayangnya lagi-lagi berhasil digagalkan Baliadeh.

Rafael Struick pun nyaris menjebol gawang Qatar di menit ke-37. Sayang upaya yang dilakukan pemain naturalisasi itu masih membentur tiang gawang.

Rizky Ridho dianggap lakukan kesalahan kepada pemain lawan di penghujung babak pertama. Setelah berkonsultasi dengan VAR, wasit langsung menunjuk titik putih.

Sayangnya Ernando Ari gagal membendung eksekusi penalti yang dilakukan Khalid Ali Sabah di masa injury 45+1. Qatar pun memimpin 1-0 di babak pertama.

Babak Kedua Baru Satu Menit, Indonesia Kehilangan Ivar Jenner

Saat babak kedua baru berjalan satu menit, Indonesia kehilangan Ivar Jenner yang dianggap lakukan pelanggaran terhadap pemain lawan hingga ia diganjar kartu kuning kedua. Ivar pun harus mandi lebih cepat, dan skuad Shin Tae-yong hanya diperkuat 10 pemain di babak kedua.

Kehilangan satu pemain benar-benar fatal bagi Indonesia. Tak lama setelah Ivar tinggalkan lapangan, Qatar berhasil menggandakan skornya di menit 54 lewat tendangan bebas Ahmed Al-Rawi yang sebenarnya sempat membentur tiang gawang, tetapi bola memantul masuk gawang Ernando.

Marselino Ferdinan harusnya bisa membawa Indonesia memperkecil ketertinggalan di menit 63. Namun tendangan volinya ke arah gawang Qatar berhasil digagalkan kiper lawan.

Indonesia terpaksa hanya bermain dengan sembilan pemain di menit 90+6 setelah Ramadhan Sananta dihadiahi kartu kuning kedua akibat menginjak kaki pemain tuan rumah.

Beruntung meskipun hanya bermain dengan sembilan pemain, Indonesia tak kembali kebobolan gol tuan rumah. Skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah pun bertahan hingga pluit panjang dibunyikan wasit.

Susunan Pemain Indonesia vs Qatar

  • Timnas Qatar U23 (4-4-2): Y Baliadeh; A Alyazidi, AHAHM Aldin, M Aiash, SEHA Fadlalla; KA Sabah, J Gaber, N Al-Hadhrami, M Tarek; Salem, A Al-Rawi.
  • Timnas Indonesia U23 (5-4-1): Ernando Ari; Pratama Arhan, Komang Teguh, Rizky Ridho, M Ferarri, Rio Fahmi; Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Ivar Jenner, Witan Sulaeman; Rafael Struick.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!