Hasil Timnas Indonesia U22 vs Thailand di Final SEA Games 2023: Laga Keras, Indonesia Juara!

Gila Bola – Hasil Timnas Indonesia U22 vs Thailand di final SEA Games 2023 yang digelar di Stadion Olimpiade, Phom Penh, Selasa (16/5) malam, berakhir dengan kemenangan skuad Garuda Nusantara 5-2. Indonesia juara!

Gol-gol kemenangan Indonesia dibuka dengan brace Ramadhan Sananta di babak pertama, yang masing-masing dibukukannya di menit ke-21 dan 45 +4.

Irfan Jauhari mencetak di awal babak tambahan waktu menit 91 dan membawa Indonesia kembali unggul 3-2. Indonesia menambah skor menjadi 4-2 mencetak gol kedua di menit 108, lewat gol indah Fajar Fathur Rohman dari luar kotak penalti.

Beckham Putra yang baru masuk lapangan di babak kedua berhasil menambah koleksi gol Indonesia menjadi 5-2 di menit ke-120.

Sementara Thailand, berhasil memperkecil kekalahannya di menit 64 lewat gol sundulan Anan. Yotsakon sempat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 tepat di detik-detik akhir masa injury 90+7.

Sayangnya usai gol Irfan di babak tambahan waktu ini, kerusuhan terjadi di pinggir lapangan. Wasit asal Oman harus mengeluarkan satu kartu merah untuk pemain Indonesia, Komang, dan kiper Thailand, Soponwit Rakyart. Hujan kartu merah malah dialami beberapa ofisial kedua tim.

Indonesia akhirnya berhasil menang dan menjadi juara SEA Games setelah lakoni final ke delapan dalam sejarah keterlibatannya di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara ini. Sebelumnya, skuad Garuda hanya dua kali menjadi juara, dan sisanya kalah.

Selain itu, Indonesia sebelumnya sudah tiga kali bertemu Thailand di final. Sayangnya, dari tiga pertemuan tersebut, Indonesia alami dua kekalahan dan hanya sekali menang, yakni saat kedua tim bertemu di SEA Games Manila tahun 1991.

Namun malam ini, Indonesia mengakhiri rentetan kegagalan di laga final dengan kalahkan Thailand dengan skor 4-2. Skuad Indra Sjafri memang tampil penuh ambisi di laga melawan Thailand yang dikenal mendominasi sepak bola Asia Tenggara selama beberapa tahun terakhir ini.

Peluang Sudah Tercipta di Awal Laga, Ramadhan Sananta Bawa Indonesia Memimpin

Marselino Ferdinan punya dua peluang emas saat laga masih berjalan empat menit dan di menit ke-9, tapi kedua peluang itu melambung di atas mistar gawang Thailand.

Upaya yang dilakukan skuad Indra Sjafri akhirnya membuahkan hasil saat Ramadhan Sananta berhasil menyarangkan bola hasil lemparan ke dalam Dewangga di menit ke-21. GOL!! 1-0 Untuk Indonesia!

Tiga menit kemudian Thailand nyaris menyamakan kedudukan, tetapi peluang lawan berhasil dihalau Dewangga dengan sundulan kepalanya.

Indonesia berhasil menggandakan skor di masa injury 45+4 lewat brace Ramadhan Sananta yang menerima umpan jauh Dewangga yang sukses disontek Ramadhan tanpa melihat gawang lawan, dan berhasil bersarang ke gawang Thailand yang ditinggal sang kiper. GOL! 2-0!

Gol ini sempat mengundang protes dari kubu Thailand tetapi wasit tetap mensahkan gol tersebut dan Indonesia memimpin 2-0 tepat sebelum jeda.

Thailand Habis-habisan Mengejar di Babak Kedua

Di babak kedua Thailand mati-matian berusaha mencetak gol. Mereka punya peluang emas di menit ke-51 yang untungnya gagal bersarang di gawang Ernando Ari.

Thailand berhasil memperkecil kekalahannya di menit 64 saat Anan sukses menyundul umpan sepak pojok yang langsung menjebol gawang Ernando Ari. 2-1!

Irfan Jauhari seharusnya bisa menambah koleksi gol Indonesia di 10 menit terakhir. Namun tembakannya yang mengarah ke gawang Thailand hanya melambung. GAGAL!

Begitu juga dengan Witan Sulaeman yang punya peluang emas di menit ke-88. Sayang bola yang digiringnya berhasil dihalau kiper Thailand, hingga gagal diteruskan masuk ke gawang lawan.

Timnas Indonesia Diimbangi Tepat di Akhir Babak Kedua

NYARIS!! Ernando lakukan penyelamatan gemilang di masa injury hingga Thailand gagal menyamakan kedudukan!

Sayangnya, Thailand berhasil menyamakan kedudukan tepat di detik-detik terakhir masa injury 90+7 lewat aksi Yotsakon. Laga pun harus dilanjutkan dengan babak tambahan waktu dua kali 15 menit.

Timnas Indonesia Tambah Tiga Gol di Babak Tambahan Waktu

GOL!! Irfan Jauhari berhasil menjebol gawang Thailand saat babak tambahan waktu baru berjalan satu menit. Indonesia kembali unggul 3-2!

Sayangnya usai gol Irfan di babak tambahan waktu ini, kerusuhan justru terjadi di pinggir lapangan. Wasit asal Oman harus mengeluarkan satu kartu merah untuk pemain Indonesia, Komang, dan kiper Thailand, Soponwit Rakyart. Hujan kartu merah malah dialami beberapa ofisial kedua tim.

Di babak tambahan waktu pula Thailand hanya diperkuat sembilan pemain setelah Jonathan Khemdee menerima kartu kuning kedua, yang membuatnya harus mandi lebih cepat, karena menendang wajah Rio Fahmi.

Indonesia kembali mencetak gol di babak tambahan waktu, tepatnya di menit 108, lewat gol indah Fajar Fathur Rohman dari luar kotak penalti usai menerima umpan Rio Fahmi. GOL!!

Thailand bahkan kehilangan Teerasak akibat kartu merah di menit 119 setelah pelanggaran yang dilakukannya membuat wasit mengeluarkan kartu kuning kedua untuknya, dan membuat pemain itu harus keluar lapangan.

Dengan demikian, Thailand menutup laga final ini hanya dengan delapan pemain. Situasi lawan yang sudah timpang berhasil dimanfaatkan para pemain Indonesia dengan baik.

GOL!! Beckham Putra yang turun di babak kedua berhasil menambah koleksi gol Timnas Indonesia menjadi 5-2 di menit 120.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U22: Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Haykal Alhafiz; Fajar Fathur Rachman, Alfeandra Dewangga/Ferrari, Muhammad Taufany, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman; Ramadhan Sananta.

Timnas Thailand: Soponwit Rakyart; Airfan Doloh, Bukkoree Lemdee/Phongsakon Tsirat, Chatmongkol Rueangthanarot, Jonathan Khemdee; Songchai Thongcham, Channarong Promsrikaew, Teerasak Poephimai, Achitpol Keereerom/Anan Yodsangwal; Settasit Suvannaseat, Chayapipat Supunsasuch.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!