Hasil Uji Coba Indonesia vs Libya: Kalah Lagi, Shin Tae-yong Masih Punya PR Berat

Gila Bola – Hasil Indonesia vs Libya di laga uji coba yang berlangsung di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, Jumat (5/1) malam, berakhir dengan skor 1-2.

Elkan Baggott dan kawan-kawan kembali harus alami kekalahan dari lawan yang sama, meskipun tak mengalami kekalahan telak seperti di pertemuan pertama. Di samping itu, pelatih Shin Tae-yong tampaknya masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup besar dalam membenahi lini belakang skuad Garuda.

Indonesia sebenarnya berhasil memimpin lebih dulu, bahkan saat laga baru berjalan enam menit. Yakob Sayuri berhasil menjebol gawang Libya usai menerima sodoran umpan tarik Ivar Jenner tepat di depan gawang lawan.

Namun, setelah itu, Libya justru berhasil menyarangkan dua gol mereka. Tiga menit setelah gol Yakob, Osama Mukhtar Al Shremi berhasil menyamakan kedudukan. Ahmed Ekrawa kemudian mencetak gol penentu kemenangan Libya tepat di menit ke-20.

Satu hal yang patut disayangkan, kedua gol Libya ini terjadi akibat dua kesalahan pemain belakang Indonesia. Setelah itu, skuad Garuda pun kesulitan untuk mencetak gol penyama kedudukan, apalagi untuk bukukan gol kemenangan Indonesia di laga ini.

Timnas Indonesia Tertinggal Walau Kuasai Pertandingan

Di babak pertama, Indonesia sebenarnya unggul dalam penguasaan bola, bahkan hingga 62:38. Namun, Indonesia kerap kali terburu-buru dalam lakukan transisi, hingga sodoran bola menjadi tidak akurat.

Di samping itu, lini pertahanan skuad Garuda juga kembali mendapat sorotan, karena lagi-lagi dua gol yang berhasil dibukukan kubu lawan tercipta akibat kesalahan yang dilakukan pemain belakang tim Merah Putih.

Di laga ini, Indonesia harusnya bisa lebih menekan lini pertahanan Libya di menit ke-5, sayangnya Marselino Ferdinan berada dalam posisi offside.

Hanya sesaat kemudian, tim asuhan Shin Tae-yong kembali berhasil menekan. Ivar Jenner berhasil sodorkan umpan tarik ke tengah area penalti lawan yang langsung dimanfaatkan Yakob Sayuri untuk membuat Indonesia memimpin di menit ke-6. GOL!!

Sayangnya, lini pertahanan Indonesia lakukan kesalahan dalam mengantisipasi serangan lawan. Akibatnya, hanya tiga menit kemudian, Libya berhasil samakan kedudukan lewat tembakan Osama Mukhtar Al Shremi. 1-1!

Blunder kembali terjadi di lini belakang sesaat setelah Rizky Ridho sodorkan bola kepada Ernando, yang justru berhasil dimanfaatkan penyerang Libya, Ahmed Ekrawa, dan menghasilkan gol kedua lawan, 2-1, tepat di menit ke-20.

Lebih Menekan di Babak Kedua, Indonesia Tak Mampu Cetak Gol Penyama Kedudukan

Di awal babak kedua, Indonesia langsung tancap gas dan beberapa kali berhasil mengancam gawang Libya. Sayangnya, tak ada satupun peluang yang membuahkan gol penyama kedudukan.

Tepat di menit ke-60 Marselino harusnya bisa mencetak gol penyama kedudukan, sesaat setelah ia menerima umpan Yakob Sayuri tepat di depan gawang Libya. Sayangnya, tembakan yang dilakukan Marselino malah melambung di atas gawang Murad Alwuheeshi.

Justin Hubner juga punya emas saat laga tinggal tiga menit lagi. Sayangnya, Justin yang tinggal berhadapan dengan kiper Murad tak berhasil menjebol gawang Libya, karena Murad berhasil menendang bola menjauh dari gawangnya.

Susunan Pemain Indonesia vs Libya

Indonesia (4-4-2): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner, Elkan Baggott; Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Witan Sulaeman, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Rafael Struick.

Libya (4-2-3-1): Murad Alwuheeshi; Ali Almusrati, Osamah Alsureet, Amed Fakrrounshaalah, Elmahdi Elkout, Daniel Elfadli, Nouradi Elgelaib, Fadel Mansour, Mohamed Tubal, Osama Elsharimi, Ahmed Ekrawa.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!