Indonesia Kalah dari Korea Utara, Tapi Mungkin Bisa Lolos Karena Kyrgyzstan Menang atas Taiwan

Gila Bola – Hayo ngaku, siapa yang begitu lihat skor kekalahan Indonesia di tangan Korea Utara, segera mengecek pertandingan Kyrgyzstan vs Taiwan dan berharap negara bekas pecahan Uni Soviet itu tidak mencetak lebih daripada tiga gol.

Hasil pertandingan Indonesia vs Korea Utara di ajang kompetisi Asian Games 2023 selesai dengan skor 1-0 setelah Yusong Kim mencetak satu-satunya gol pada pertandingan yang berlangsung di Zhejiang Normal University East Stadium, Minggu sore (24/9).

Gol Korea Utara itu datang dari sebuah situasi sepak pojok. Yusong Kim lolos dari jebakan offside dan menjebol gawang tim nasional kita. Rizky Ridho dan rekan-rekannya gagal mencetak gol balasan melawan tim yang dinilai sebagai tim sepak bola paling kuat di Grup F Asian Games 2023 ini.

Namun meskipun kalah di tangan Korea Utara, tim Garuda U24 kita itu mungkin berhasil lolos ke tahap 16 besar setelah mengantongi selisih gol yang lebih baik. Bagaimana itu bisa terjadi? Kalah dua kali dan berpeluang tetap lolos?

Itu karena pada jam yang sama hari Minggu sore, Kyrgyzstan berhasil menang dengan skor 4-1 atas Taiwan, yang menyebabkan negara ini naik ke urutan kedua klasemen Grup F dengan selisih gol 4:4 alias nihil.

Taiwan berada di posisi keempat Grup F dengan nilai sama tiga, sama seperti Indonesia dan Kyrgyzstan, tetapi memiliki selisih gol paling buruk 2:6 atau minus empat.

Tim Garuda Muda U24 memiliki nilai tiga dan selisih gol paling baik, 2:2, alias nol. Itu terjadi setelah kita menang 2-0 atas Kyrgyzstan pada matchday pertama dan kemudian kalah dua kali, 0-1 lawan Taiwan dan 0-1 tadi kontra Korea Utara.

Sesudah Menit 62 Laga Kyrgyzstan vs Taiwan Terasa Menegangkan

Seharusnya sebagai runner-up Grup F maka kita akan menghadapi juara Grup E, yakni Korea Selatan, yang hanya menyisakan satu pertandingan lagi dan nilai 6 yang tak bisa dikejar timnas lain di grup itu.

Tetapi antara menit 62 sampai berakhirnya pertandingan, terasa sekali ketegangan guna menantikan hasil akhir Kyrgyzstan vs Taiwan itu.

Jika satu gol lagi terjadi bagi timnas Kyrgyzstan maka mereka lah yang akan lolos sebagai runner-up grup, dengan produktifitas gol lebih baik, sedangkan kita akan merosot ke posisi ketiga dan akan bersaing dengan tim urutan ketiga lainnya dengan modal tiga poin, hasil kemenangan atas negeri pecahan Uni Soviet tersebut.

Sebaliknya, kekalahan kontra Taiwan akan diabaikan karena negeri itu menduduki urutan terbawah klasemen Grup F.

Dan hal buruk itu akhirnya terjadi dengan gol Kyrgyzstan pada menit 91 yang memastikan mereka menjadi timnas yang lebih produktif daripada Indonesia serta merebut posisi kedua klasemen Grup F. Merekalah yang akan menemui Korea Selatan, bukan kita.

Susunan Pemain Indonesia vs Korea Utara

Indonesia: Ernando Ari; Robi Darwis, Rizky Ridho, Andi Setyo, Dony Tri; Muhammad Taufany, Syahrian Abimanyu, Rachmat Irianto, Feandra Dewangga, Egy Maulana; Ramai Rumakiek.

Korea Utara: Juhyok Kang; Kuk-chol Jang, Kyong-sok Kim, Yu-song Kim, Pom-hyok Kim; Il-song Ri, Kuk-chol Kang, Chung-song Paek, Kuk-bom Kim; Jo-guk Ri, Kuk-jin Kim.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!