Indonesia Taklukkan Laos, Melaju ke Semi-final Piala AFF U16

Gilabola.com – Hasil Indonesia vs Laos di pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U16 yang berlangsung di Stadion Manahan, Surakarta, Kamis (27/6) malam, berakhir dengan skor 6-1.

Skuad Garuda Muda benar-benar tampil gemilang di laga terakhir grup ini. Kemenangan telak inipun sukses membawa Indonesia melaju ke babak semi-final Piala AFF U16.

Di laga ini, Laos sebenarnya memimpin lebih dulu lewat eksekusi penalti Phayak Siphanom saat laga baru berjalan tujuh menit. Namun, enam gol dicetak anak-anak asuh Nova Ariyanto hingga menit terakhir laga.

Gol penyama kedudukan Indonesia juga tercipta dari titik putih yang dibukukan Zahaby Gholy di menit ke-23. Lalu, gol bunuh diri kapten Laos, Sayyavath, membuat Indonesia unggul 2-1.

Josh Holong menambahnya menjadi 3-1 di menit ke-37, dan sang kapten, Putu Panji, membawa Indonesia menutup babak pertama dengan skor 4-1 di menit 45+2.

Di babak kedua, skuad Nova berhasil menambah dua gol lagi. Josh Holong mencetak gol keduanya di menit ke-61 dan Mierza yang bermain sebagai pengganti ikut mencetak gol di menit 78.

Berkat kemenangan ini, Indonesia berhasil mempertahankan posisinya di puncak klasemen dengan koleksi poin sembilan. Sedangkan Laos, ada di urutan kedua dengan enam poin – dan berpeluang besar menjadi tim berperingkat kedua terbaik di turnamen ini, hingga berhak melaju ke fase berikutnya.

Indonesia Tertinggal Lebih Dulu, Membalas Empat Gol di Babak Pertama

Kedua tim sama-sama berusaha tampil menekan sejak kickoff. Namun Laos unggul lebih dulu di menit ke-7 lewat eksekusi penalti Phayak Siphanom Рusai Matthew Baker lakukan pelanggaran, yang berhasil membawa Laos memimpin 1-0.

Zahaby Gholy berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-23 setelah eksekusi penaltinya berhasil bersarang di gawang Laos. GOL! 1-1!

Sepak pojok Fabio Aska gagal diantisipasi pemain Laos, Sayyavath, hingga bola masuk ke gawang sendiri. GOL! Indonesia memimpin 2-1 di menit 30.

Berawal dari lemparan ke dalam Fabio, bola disundul Tristan yang kemudian disundul lagi Josh Holong masuk ke gawang Laos. GOL!! Indonesia memimpin 3-1 di menit 37!

Tristan nyaris menambah koleksi gol Indonesia di menit ke-40, tapi tandangan setengah saltonya gagal bersarang di gawang lawan.

Indonesia kembali mendapat peluang gol dari posisi set-piece di masa injury. Eksekusi tendangan bebas yang dilakukan Fabio berhasil disundul Putu Panji masuk gawang Laos di menit 45+2. GOL!!!

Indonesia Tambah Dua Gol Lagi di Babak Kedua

Gholy punya peluang emas di menit 49. Sayang tembakannya masih berhasil ditepis kiper Laos.

Tendangan bebas Nazriel sebenarnya berhasil masuk gawang Laos di menit ke-51, tapi hakim garis keburu mengangkat bendera tanda offside.

Indonesia kembali mendapat peluang emas di menit 54. Namun, lagi-lagi peluang ini gagal menambah koleksi gol Indonesia setelah tendangan Fadly Alberto melambung di atas gawang Laos.

Josh Holong berhasil menambah koleksi gol Indonesia di menit 61 sesaat setelah ia menerima umpan Daniel di depan mulut gawang Laos. Josh berhasil mengendalikan bola dan menyarangkannya dengan tenang ke gawang lawan. GOL!! Indonesia memimpin 5-1!

Mierza yang baru dimainkan di babak kedua tak mau ketinggalan dalam mencetak gol. Ia lepas dari jebakan offside dan sukses menggiring bola masuk gawang Laos.

Meskipun sempat dihadang kiper Laos, tapi Mierza berhasil mengecohnya dan melewati pula pengawalan satu pemain Laos lainnya. GOL! Indonesia memimpin 6-1 di menit 78.

Susunan Pemain Indonesia vs Laos

  • Timnas Indonesia U16: M Ichsan; Putu Panji, Raihan Apriansyah, Matthew Baker; Fabio Aska, Dafa Zaidan, Nazriel Alfaro, Daniel Alfredo; Tristan Raissa, Zahaby Gholy, Josh Holong.
  • Timnas Laos U16: Thitsakhone Sumlivongvath; Khamphanith, Bounthasak Chandala, Ki Mounkanuah, Phisith Orr; Binly Donsanouphit, Kadam Koneyer, Phayak Siphanom, DaophahadKamkasomphou, Sayyavath Vansavath; Sikanda Xaisongkham.