Indonesia U23 Kalah Meskipun Lebih Diunggulkan Atas Malaysia

Gila BolaTimnas Indonesia U23 kalah pada laga perdana AFF setelah ditaklukkan oleh timnas Malaysia 2-1. Peluang Garuda Muda untuk lolos sangat kecil karena hanya tersisa satu laga grup lagi, melawan Timor Leste.

Kita unggul lebih dulu melalui Ramadhan Sananta menit 23, namun gagal mempertahankan keunggulan itu setelah dua gol tim Malaysia U23 dilesakkan oleh Fergus Tierney.

Shin Tae-yong coba memperbaiki nasib skuadnya dengan memasukkan empat pemain pada paruh kedua. Muhammad Ragil adalah pengganti pertama, mengisi posisi Irfan Jauhari.

Setelah itu Alfreanda Dwiangga masuk menggantikan Muhammad Ferrari, Jeam Sroyer mengisi posisi Arkhan Fikri dan pemain keempat yang masuk adalah Esal Sahrul menggantikan Robi Darwis. Tetapi tidak ada perubahan skor, tetap 2-1.

Apa Itu Kompetisi AFF U23?

Kompetisi ini dimulai sejak 2005 di Thailand, dan diikuti oleh 12 negara di Asia Tenggara. Tuan rumah menjadi juaranya, Singapura runner-up dan posisi ketiga Myanmar.

Edisi keduanya dijadwalkan berlangsung pada 2011 di Palembang tetapi dibatalkan karena renovasi Gelora Sriwijaya belum selesai.

Edisi ketiga AFF dilakukan di Kamboja pada 2019 dengan Indonesia meraih gelar juaranya, setelah mengalahkan Thailand 2-1 di final, dengan Vietnam dan Kamboja menduduki posisi ketiga dan keempat.

Demikian juga kompetisi keempat dilangsungkan di Kamboja pada 2022 dengan Vietnam menjadi juara pertama, diikuti oleh Thailand, dengan Timo Leste dan Laos menjadi juara ketiga bersama.

Untuk edisi keempat ini, Singapura dan Australia tidak mengirim wakilnya. Itulah sebabnya hanya ada satu grup yang berisi empat negara, Grup A, dengan Indonesia dan Malaysia berada di Grup B bersama Timor Leste dan Grup C juga terdiri dari tiga peserta.

Siapakah Fergus Tierney Pembobol Gawang Indonesia?

Dari namanya yang asing kita tahu dia bukan bumiputera Malaysia. Ayah dan ibunya orang Skotlandia, namun dibesarkan di Penang Malaysia yang membuatnya berhak mendapatkan paspor dan kewarganegaraan negeri itu.

Baru pada Februari 2023 dipanggil untuk membela timnas U23 Malaysia yang kemudian memenangkan Merlion Cup di Singapura dan satu kali lagi membela tim nasional untuk SEA Games di Kamboja.

Kini berumur 20 tahun, Tierney memulai karir sepak bolanya bersama Soccer Experience FC, sebelum kini merumput bagi Johor Darul Ta’zim III.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!