Inggris Ditahan Imbang Tetapi Amankan Posisi di Pot 1 Drawing Piala Eropa

Gilabola.com – Debut Rico Lewis bagi Inggris berujung penalti bagi Makedonia Utara, sebelum disamakan oleh Harry Kane. Kelolosan tim Tiga Singa ke putaran final tetap aman, bahkan mereka kini merebut satu posisi di Pot 1 drawing untuk putaran final Piala Eropa.

Rico Lewis dimainkan sejak menit pertama dan Gareth Southgate mungkin menyesali keputusannya setelah bek Manchester City berumur 18 tahun itu menjadi penyebab pelanggaran di dalam kotak yang berujung penalti bagi lawan.

Sepakan pertama dari Enis Bardhi berhasil dihalau kiper Jordan Pickford, namun bola muntah melayang ke arah lari sang eksekutor. Ia tidak membuat kesalahan kedua. Skor 1-0 jelang turun minum.

Satu Gol Balasan Dianulir, Sebelum Harry Kane Jadi Penyelamat

Sebenarnya ada satu gol balasan dari tim Tiga Singa melalui gol Jack Grealish saat babak kedua baru dimulai beberapa puluh detik, namun dibatalkan wasit dengan alasan sudah terjadi offside dalam pembangunan serangan.

Padahal tim tamu lebih dominan dalam penguasaan bola yang mencapai 70 persen selama 90 menit, melepaskan 13 percobaan gol yang sangat masif dibandingkan empat upaya oleh tuan rumah.

Southgate kemudian memasukkan jagoannya Harry Kane untuk menggantikan Ollie Watkins dan hanya dalam waktu beberapa belas detik saja, ia mencetak gol yang memantul di tubuh Jani Atanasov, mengecoh kiper tuan rumah Stole Dimitrievski.

Inggris Sudah Tidak Butuh Bantuan Wales

Tim-tim yang lolos ke putaran final, yakni dua tim teratas dari setiap grup kualifikasi, butuh nilai sebanyak-banyaknya karena hanya lima tim terbaik akan masuk ke dalam Pot 1 drawing yang akan dilakukan awal Desember 2023 nanti.

Mengapa Pot 1 penting? Karena setidaknya akan terhindar dari tim-tim raksasa dalam babak penyisihan grup. Salah satunya Jerman. Posisinya sebagai tuan rumah putaran final Euro 2024 menyebabkan DFB-Team masuk ke Pot 1.

Inggris, jika sampai kehilangan tiga poin di Makedonia Utara ini, maka koleksi nilainya hanya 19. Cukup aman sebenarnya. Di bawah mereka tidak ada lagi yang bisa menyusul jumlah nilai 19 itu, kecuali satu: Turki.

Di sinilah jasa Wales. Diwajibkan bagi Wales, tetangga mereka di sisi sebelah barat itu, untuk tidak kalah lebih daripada 10 gol melawan tim bulan-bintang tersebut dalam matchday terakhir.

Beruntung ada gol Harry Kane sehingga koleksi poin the Three Lions menjadi 20 poin dan mereka mengamankan diri sebagai satu dari lima tim terbaik dalam klasemen keseluruhan, masuk ke Pot 1. Bantuan Wales menjadi tidak relevan sekarang.

Di atas mereka ada Portugal 24 poin, Perancis 21 dan masih bisa menambah jumlah nilainya karena baru tujuh kali bertanding, kemudian Spanyol 21, dan Belgia 21.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!