Portugal di Puncak Grup J Nilainya 30 Poin, Mengapa di Klasemen Total Merosot Jadi 24?

Gilabola.com – Portugal meraih nilai sempurna 30 dari 10 pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2024. Namun di klasemen keseluruhan atau overall ranking, nilai skuad Cristiano Ronaldo itu cuma 24. Siapa yang curi?

Otoritas bola Eropa yang curi. Jadi, overall ranking atau klasemen total itulah cara UEFA menghitung siapa tim terbaik saat kualifikasi dan siapa nomor dua, nomor tiga serta seterusnya.

Mengapa overall ranking penting? Karena itu digunakan untuk menetapkan daftar ranking negara-negara terbaik Eropa yang akan masuk drawing untuk babak penyisihan grup Euro 2024. Lima teratas masuk Pot 1, enam berikutnya masuk Pot 2. Dan seterusnya.

Lalu, Mengapa Nilai Portugal Cuma 24?

Tenang, bos. Itu karena Portugal tergabung ke dalam Grup J di mana anggotanya enam tim. J, H, dan I seluruhnya merupakan grup-grup kualifikasi yang terdiri dari enam tim.

Sementara Gup A sampai dengan G hanya lima tim. Performa tim terbaik selama babak kualifikasi tidak bisa dihitung dengan adil karena grup dengan enam tim akan memberi nilai total yang lebih banyak daripada grup yang terdiri dari lima tim.

Itu sebabnya nilai yang diperoleh dua tim teratas Grup H, Grup I dan Grup J saat melawan tim paling lemah di dasar klasemen akan diabaikan. Portugal salah satunya.

Nila Portugal saat menang dua kali melawan Liechtenstein, yang berarti 6 poin, dicoret sehingga dalam ranking keseluruhan pasukan Roberto Martinez hanya memiliki, tahu berapa? 24 poin saja.

Rumania dan Denmark Juga Mengalami Hal Sama Seperti Portugal

Juara Grup I Rumania dan juara Grup H Denmark juga mengalami apa yang dialami oleh CR7 dan rekan-rekannya. Nilai yang diperoleh saat melawan tim yang paling lemah di dua grup itu dipotong dari nilai total.

Rumania dengan demikian memiliki hanya 13 poin saja dari tujuh pertandingan karena semua laga kontra tim terbawah Andorra dianggap tidak ada.

Rumania masih memiliki satu laga sisa melawan Swiss sehingga masih bisa menaikkan nilai keseluruhan menjadi 16. Itu jika menang lawan Granit Xhaka dan rekan-rekannya.

Denmark, semua nilai melawan San Marino di Grup H diabaikan sehingga hanya memiliki 16 poin dari delapan pertandingan.

Lima Terbaik Masuk Pot 1 Drawing Euro 2024

Apakah kita sudah bisa mengetahui lima tim terbaik yang akan masuk Pot 1 drawing Euro 2024? Bisa banget.

Lima tim itu menurut ranking performa terbaiknya adalah Portugal dengan nilai 24, lalu Perancis 21, Spanyol 21, Belgia 20, dan Inggris 20.

Kylian Mbappe dan rekan-rekan Les Bleus yang baru bertanding tujuh kali masih bisa mendepak Portugal dari daftar tim terbaik. Caranya? Caranya dengan mencetak selisih gol lebih dari dua pada matchday kedelapan di Yunani, nanti malam.

Inggris dan Belgia terkunci dalam posisi sama poin 20 dan selisih gol sama +18. Sebagai pemecahannya dilihat jumlah gol tandangnya. Ternyata Romelu Lukaku dan rekan-rekannya punya 10 gol, sementara Inggris hanya delapan gol tandang. Itu sebabnya Belgia merebut posisi unggulan keempat, Tiga Singa di urutan lima.

Perancis dan Spanyol juga sama poin 21, tetapi Les Bleus memiliki selisih gol +26 dan La Roja +20. Jadi, Perancis merupakan unggulan kedua (dan masih bisa naik ke posisi pertama) serta Spanyol ketiga.

Jerman selaku tuan rumah juga akan masuk sebagai unggulan paling atas di Pot 1 meskipun namanya tidak akan diundi karena sudah bisa dipastikan duduk sebagai tim pertama di Grup A Euro 2024.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!