Kenalin Pemain Manchester City 21 Tahun, Penerus Generasi Emas Palsu Belgia

Gila Bola – Tak ada harapan Generasi Emas Belgia memimpin negeri itu ke kejayaan. Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne dan Eden Hazard seluruhnya sudah terlalu tua. Sudah saatnya pemain 21 tahun yang baru saja bergabung ke Manchester City ini menjadi penggantinya.

Tanggal 13 Agustus 2023 lalu Jeremy Doku mencetak satu gol dan menjadi man of the match saat ia memimpin rekan-rekannya di Rennes menang 5-1 atas Metz di ajang Liga Perancis.

Pada 2 September kemarin ia sudah bergabung secara resmi sebagai pemain anyar Manchester City dan bermain selama 76 menit dalam kemenangan skor sama pula, 5-1, atas Fulham.

Hanya dalam selang 20 hari, Jeremy Doku ikut serta memberi kemenangan bagi dua klub berbeda dengan skor sama besar, 5-1. Pertanda ia akan menjadi pemimpin generasi emas Belgia berikutnya.

Jeremy Doku Masih Lebih Senior Daripada 14 Rekan di Tim Nasional 

Usianya masih 21 tahun tapi sudah memiliki 14 caps bagi tim nasional Belgia. Itu saja sudah membuatnya menonjol karena berarti lebih senior daripada 14 pemain lain di De Rode Duivels.

Tentu ia tidak bisa dibandingkan dengan Kevin De Bruyne, gelandang 32 tahun yang sudah membela tim nasional sebanyak 99 kali dan memiliki 26 gol atas namanya. Atau Romelu Lukaku, 30 tahun, 108 kali membela jersey timnas Belgia, 75 gol.

Namun dibandingkan pemain lain sepantarannya, bahkan ada yang sudah 25 tahun seperti Wout Faes Leicester City dan Dodi Lukebakio asal Sevilla, Doku sudah lebih berpengalaman melakoni laga-laga Die Roten Teufel.

Ia diperkirakan akan menjadi pemimpin rekan-rekannya saat Lukaku, De Bruyne dan pemain 30-an tahun lainnya, termasuk skipper Jan Vertonghen 36 tahun, hilang dari peredaran.

Jadwal Timnas Belgia Pada Jeda Internasional 

Belgia sudah menang dua dan imbang satu, mengoleksi tujuh poin, menduduki posisi kedua klasemen Grup F. Satu posisi di bawah Austria yang sudah mengumpulkan nilai 10 dari empat pertandingan.

Die Roten Teufel akan tandang ke Azerbaijan untuk matchday keempatnya. Satu kemenangan di Dalga Arena di Baku, selain satu kemenangan lain lagi saat mereka menjamu Estonia, akan memastikan kelolosan timnas Belgia ke putaran final Euro 2024 di Jerman.

Azerbaijan seharusnya tidak bisa memberi perlawanan berarti bagi Jeremy Doku dan rekan-rekannya. Tuan rumah adalah tim paling lemah di grup, sudah kalah dua kali dan imbang satu.

Tim yang masih bisa mengganggu perencanaan tim nasional adalah Swedia, yang saat ini menduduki urutan ketiga klasemen Grup F dengan poin tiga. Belgia akan meenjamu Swedia pada matchday ketujuh, 16 Oktober nanti.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!