Klub Sepak Bola Terpopuler di Dunia 2024: Real Madrid dan Barca Teratas, Man United Jauh di Posisi Ketiga

Gila Bola –┬áReal Madrid menduduki peringkat teratas dalam daftar pengikut media sosial menurut CIES Football Observatory. Data menunjukkan bahwa juara Liga Champions UEFA tersebut telah memiliki lebih dari 40 juta pengikut sejak 2023.

Los Blancos mengumpulkan total 410 juta follower di seluruh media sosial mereka, mulai Instagram, Facebook, dan TikTok, mengalahkan rival mereka Barcelona dengan 360 juta follower dan Manchester United 216 juta follower.

Statistik tersebut menunjukkan bahwa Real Madrid dan Barcelona tetap menjadi dua kekuatan media sosial teratas di dunia sepak bola, dengan jumlah pengikut gabungan yang hampir sama banyaknya sebanyak total 771 juta pengikut dibandingkan total pengikut gabungan dari klub ‘Big Six’ Liga Inggris yang total 857 juta.

Dari 100 tim dalam penelitian ini, juara Prancis Paris Saint Germain adalah tim satu-satunya yang kehilangan pengikut sejak 2023 meskipun memenangkan gelar ganda domestik musim ini.

Data jumlah pengikut klub sepak bola terpopuler di dunia tahun 2024
Data jumlah pengikut klub sepak bola terpopuler di dunia tahun 2024

Kehilangan 2,7 juta pengikut ini bisa jadi disebabkan oleh hengkangnya Kylian Mbappe yang baru-baru ini hengkan ke Real Madrid, serta hengkangnya sang maestro media sosial Lionel Messi dan Neymar pada musim panas lalu.

Al Nassr menjadi pemenang besar dalam hal pertumbuhan media sosial sebagai tim non-Eropa dengan pengikut terbanyak yang baru. Namun, hal itu wajar terjadi ketika mereka merekrut pemain dengan pengikut terbanyak di planet ini.

Kedatangan Cristiano Ronaldo telah membuat klub Saudi tersebut mengalahkan AC Milan, Tottenham, dan Inter Milan untuk menjadi klub dengan pengikut terbanyak ke-11 di Instagram dengan hampir 26 juta pengikut, dengan total 54 juta pengikut di seluruh media sosial seperti TikTok, Facebook, dan Instagram.

Mengikuti jejak Al Nassr, adalah Inter Miami klub tempat Lionel Messi berada yang mencapai pertumbuhan relatif terbesar karena akun media sosial klub tersebut tumbuh sebesar + 1348% menjadi total 33,4 juta pengikut di semua platform.

Manchester City melanjutkan peningkatan pesat mereka di medsos dengan mendapatkan 27,3 juta pengikut di seluruh media sosial mereka, didorong oleh kesuksesan berulang tim Guardiola yang diawali dengan treble bersejarah di tahun 2023. Namun, angka itu bisa segera anjlok, karena kasus hukum bertele-tele mereka dengan otoritas Liga Inggris terus memanas.

Dua puluh lima negara terwakili dalam 100 peringkat teratas, 18 klub berasal dari Spanyol, diikuti oleh Inggris 17 klub, Brasil 12klub dan Meksiko 6 klub.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!