Kolektor Gelar Terbanyak Piala AFF : Thailand Tersukses, Indonesia Paling Apes!

Timnas Thailand telah menjadi negara tersukses sepanjang sejarah Piala AFF, sementara timnas Indonesia bisa dibilang sebagai negara paling sial di turnamen ini.

Gila Bola – Piala Suzuki AFF, yang menjadi turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, saat ini memasuki edisi ke-14 yang digelar pada akhir tahun 2022 dengan jadwal penyelenggaraan antara 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Di turnamen tahun ini, timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama timnas Thailand, timnas Filipina, timnas Kamboja, dan timnas Brunei Darussalam, sementara di grup B ada timnas Malaysia, timnas Vietnam, timnas Laos, timnas Singapura, dan timnas Myanmar.

Timnas Indonesia akan kebagi dua kali laga kandang di turnamen Piala Suzuki AFF 2022 ini, yang keduanya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Masing-masing melawan timnas Kamboja pada Jumat, 23 Desember 2022 dan kemudian bersua timnas Thailand pada Kamis, 29 Desember 2022.

Timnas Thailand Tersukses

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT
JayaPoker
JayaPoker
HKIndo
HKIndo

Piala AFF pertama digelar di Singapura pada tahun 1996, yang saat itu masih bernama Piala Tiger, dengan timnas Thailand menjadi juara untuk edisi pertama setelah mengalahkan timnas Malaysia dengan skor tipis 1-0.

Timnas Thailand bahkan memenangkan tiga dari empat edisi pertama Piala AFF dengan mereka sekarang telah menjadi negara paling sukses di turnamen ini, yang diikuti timnas Singapura sebagai kolektor gelar terbanyak kedua.

Bahkan timnas Thailand juga telah memenangkan tiga dari empat edisi terakhir Piala AFF dengan kemenangan terakhir mereka adalah pada tahun 2020 lalu saat mereka mengalahkan timnas Indonesia dengan skor agregat 6-2, menang 4-0 di kandang dan imbang 2-2 di laga tandang.

Timnas Indonesia Paling Apes

Sementara itu, timnas Indonesia bisa dibilang menjadi negara yang paling apes dan sial dalam sejarah Piala AFF saat mereka telah enam kali menembus pertandingan final, tapi semuanya berakhir dengan kekalahan.

Jadi timnas garuda tidak pernah sekalipun memenangkan gelar Piala AFF sepanjang sejarah mereka dan enam kali runner up, berarti hampir dari setengah dari edisi Piala AFF yang telah dilewati.

Timnas Garuda juga mencapai final di dua dari tiga kesempatan terakhir, tapi keduanya kalah melawan timnas Thailand, dan sekarang pasukan Shin Tae yong akan berharap untuk memenangkan Piala AFF pertama mereka di tahun ini.

Daftar Kolektor Piala AFF

Negara dengan koleksi gelar terbanyak Piala AFF

  • Thailand (6 gelar)
  • Singapura (4 gelar)
  • Vietnam (2 gelar)
  • Malaysia (1 gelar)

Negara dengan runner up terbanyak Piala AFF

  • Indonesia (6 kali)
  • Malaysia, Thailand (3 kali)
  • Vietnam (1 kali)
PILARWIN
PILARWIN
IBOSport
MACAUBET
TexasPoker
JokerNet88
SebelumnyaPesaing Thailand di Piala AFF 2022, Alexandre Polking: Vietnam!
SelanjutnyaFrenkie de Jong Fokus di Barcelona Walau Kembali Didekati Manchester United