Lionel Messi Salip Empat Negara Sekaligus Saat Menangi Ballon d’Or Kedelapan

Gila Bola – Fabrizio Romano, sekali lagi, membocorkan bahwa Lionel Messi telah memenangkan penghargaan Ballon d’Or 2023, bahkan sebelum pengumuman resmi benar-benar dibuat pihak France Football.

Dalam prosesnya, superstar Argentina itu akan mengalahkan pemenang sepatu emas Eropa musim lalu dan pemenang treble winners bersama Manchester City, Erling Braut Haaland.

Kandidat kuat lain adalah gelandang bertahan Rodri, playmaker Kevin de Bruyne, serta penyerang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe, yang mencetak hattrick di pertandingan final Piala Dunia 2022 dan menjadi top skor turnamen.

Kembali ke Lionel Messi, dia dianggap sebagai pemenang paling layak setelah menjadi tokoh utama dalam kemenangan timnas Argentina di Piala Dunia 2022, mencetak tujuh gol sepanjang turnamen, yah meski banyak pengkritik karena lima dari tujuh gol itu datang melalui penalti.

Nah, dengan penyerang berjuluk¬†La Pulga¬†itu ditakdirkan untuk memenangkan Ballon d’Or kedelapan, maka sebagai hasilnya dia akan menyalip empat negara sekaligus dalam perolehan Ballon d’Or.

Dengan delapan Ballon d’Or, Lionel Messi akan mengalahkkan Portugal, Belanda, Jerman, dan Prancis sekaligus, yang semua memiliki masing-masing tujuh Ballon d’Or. Lalu siapa saja pemenang Ballon d’Or dari empat negara itu?

Untuk Portugal, ada tiga pemenang berbeda yaitu Cristiano Ronaldo (lima), Eusebio (satu), dan Luis Figo (satu). Sama halnya dengan Belanda yang memiliki tiga pemenang berbeda yaitu Johan Cruyff (tiga), Marco van Basten (tiga) dan Ruud Gullit (satu).

Kemudian Jerman memiliki lima pemenang yang berbeda yaitu Franz Beckenbauer (dua), Karl-Heinz Rummenigge (dua), Gerd Muller (satu), Lothar Matthaus (satu) dan Matthias Sammer (satu).

Hal yang spesial dari kemenangan negara ini adalah bahwa Jerman sempat menjadi satu-satunya negara dengan bek yang mampu memenangkan Ballon d’Or yaitu Franz Beckenbauer dan Matthias Sammer, sebelum Fabio Cannavaro dari Italia yang memenangkan pada 2006.

Terakhir ada Prancis yang memiliki tujuh Ballon d’Or dari lima pemain berbeda juga yaitu Michael Platini (tiga), Raymond Kopa (satu), Jean-Pierre Papin (satu), Zinedine Zidane (satu), dan terbaru Karim Benzema (satu).

Dengan Lionel Messi memenangkan delapan Ballon d’Or berarti Argentina terus menasbihkan diri mereka sebagai negara dengan jumlah penghargaan terbanyak, total ada 11 trofi.

Total 11 Ballon d’Or itu diraih oleh tiga pemain berbeda yaitu Messi (delapan, terbanyak dalam sejarah), Alfredo di Stefano (dua), dan Omar Sivori (dua).

Baca berita dan artikel lainnya di Google News