Selain Ballon d’Or, Masih Ada Lima Penghargaan Lain, Termasuk Kopa Trophy

Gila Bola – Ballon d’Or sibuk dibicarakan padahal kita sudah tahu siapa pemenangnya. Jangan lupa bahwa masih ada lima penghargaan lain di luar itu. Satu di antaranya adalah penghargaan bagi pemain muda, Kopa Trophy.

Trofi individual ini diberikan kepada pemain muda di bawah usia 21 tahun yang tampil cemerlang dalam satu tahun terakhir. Sengaja kategori ini dipisahkan karena jika disatukan dengan para pemain senior maka para pemain muda ini akan tersisihkan.

Mereka dari usianya saja sudah kalah pengalaman, kalah jam terbang, mungkin belum tentu dipilih untuk secara teratur tampil di skuad utama dan belum dipanggil untuk membela tim nasional. Itulah sebabnya mengapa ada kategori baru ini.

Siapa Saja Pemenang Kopa Trophy Sejauh Ini?

Pada tahun 2018 saat kategori baru ini pertama kali diumumkan, Kylian Mbappe PSG adalah pemenangnya, dengan Christian Pulisic Borussia Dortmund menduduki urutan kedua dan Justin Kluivert yang membela Ajax dan Roma masuk sebagai urutan ketiga.

Satu tahun kemudian Matthijs de Ligt merebut hadiah ini dengan ia melakukan transfer dari Ajax ke Juventus pada pertengahan musim. De Ligt ditemani oleh Jadon Sancho yang waktu itu masih menjadi pemain Dortmund dan Joao Felix yang pindah dari Benfica ke Atletico Madrid.

Pada 2020, acara ini ditiadakan karena krisis kesehatan. Lalu untuk edisi 2021, Pedri dari Barcelona menjadi pemenangnya, diikuti dengan Gavi pada edisi 2022.

Pada kedua edisi tersebut Jamal Musiala menduduki urutan ketiga, sementara Jude Bellingham masuk untuk posisi kedua pada 2021 dan Eduardo Camavinga pada 2022.

Siapa Sajakah Nominasi Kopa Trophy 2023

Jude Bellingham yang kini menjadi bintang utama Real Madrid kembali masuk sebagai salah satu nominee di Kopa Trophy 2023, selain juga Rasmus Hojlund Manchester United dan rekan satu timnya Alejandro Balde.

Dua pemain Barcelona Gavi yang menjadi sang pemenang 2022 dan Pedri untuk edisi 2021 juga kembali masuk penghargaan ini, selain Jamal Musiala Bayern Munchen yang menduduki urutan ketiga untuk dua edisi terakhir.

Selain itu masih ada Eduardo Camavinga Real Madrid, Xavi Simons, Antonio Silva dan Elye Wahi.

Apa Lagikah Penghargaan Lain di Malam Ballon d’Or? 

Masih ada penghargaan Yashin Trophy untuk kiper terbaik, lalu Ballon d’Or Feminin untuk pemenang Ballon d’Or versi perempuan, Gerd Muller Trophy untuk striker dengan gol terbanyak bagi klub dan negaranya, serta Socrates Award untuk pekerjaan kemanusiaan terbaik yang melibatkan figur sepak bola.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!