Mantan Pemain Bengal Arsenal Berpeluang Kembali ke Liga Inggris

Gila Bola – Masih ingat mantan pemain bengal Arsenal, Matteo Guendouzi? Karirnya kembali bersinar di Liga Perancis dan kini diberitakan tengah didekati dua klub Liga Premier.

Newcastle United dan Aston Villa diberitakan tengah mempertimbangkan untuk memboyong Guendouzi kembali ke Inggris, setelah mantan pemain muda Arsenal itu kehilangan tempatnya di Marseille dan ingin hengkang.

Menurut Le 10 Sport, Newcastle United dan Aston Villa menjadi dua klub yang mengincar pemain 24 tahun itu setelah periode karirnya yang naik-turun di Marseille, dan tak lagi menjadi andalan klub Ligue 1 tersebut.

Matteo Guendouzi sempat memiliki karir yang menjanjikan setelah ia mulai bermain untuk tim utama Arsenal di usianya yang masih sangat muda. Setelah datang di tahun 2018, pemain Perancis tersebut tampil menawan untuk skuad The Gunners.

Setelah ia terus tunjukkan penampilan gemilangnya di Emirates, Mikel Arteta justru merasa gelandang itu tak bisa memperbaiki penampilan skuad asuhannya. Pelatih Arsenal asal Spanyol itupun singkirkan Guendouzi dari skuadnya, menyusul pelanggaran indisipliner di sebuah laga melawan Brighton.

Arsenal Membuangnya ke Hertha Berlin, Lalu ke Marseille

Arteta membuangnya ke Hertha Berlin yang terbukti bagus untuk Guendouzi. Namun dia kembali dipinjamkan ke klub lain di musim berikutnya, kali ini ke Marseille. Sampai akhirnya klub Ligue 1 menggunakan opsi pembelian Guendouzi dan permanenkan statusnya.

Setelah menikmati permainan yang rutin di bawah asuhan Jorge Sampaoli, Guendouzi malah mendapat peran terbatas bersama pelatih Igor Tudor. Setelah manajer asal Kroasia itu pindah, karir Guendouzi pun tetap tak jelas.

Marseille bahkan terbuka untuk menjualnya dan sedang menunggu tawaran yang masuk akal, di mana media lokal pada bulan Januari menyebutkan bahwa Marseille meminta dana transfer sebesar 50 juta Euro – sekitar 800 miliar Rupiah, untuk Guendouzi.

Tampaknya, tak mungkin ada klub yang bersedia sodorkan dana sebesar itu untuknya. Sampai akhirnya Newcastle United dan Aston Villa menginginkan Guendouzi, di mana Villa bahkan sudah mengincarnya sejak bulan Januari.

Eks Pelatih Arsenal Ingin Bereuni dengan Guendouzi

Menurut The Hard Tackle, Unai Emery – yang juga mantan pelatih The Gunners, ingin bereuni dengan mantan anak asuhnya di London Utara itu dan siap mengajaknya kembali ke Liga Premier.

Sementara Aston Villa diperkirakan siap memboyong Guendouzi, kans bagi pemain itu untuk kembali ke Inggris tampaknya malah menjadi tak jelas. Pasalnya, Emery juga ingin datangkan Youri Tielemans dengan status bebas transfer.

Di samping itu Villa juga ingin datangkan Alex Oxlade-Chamberlain dengan status bebas transfer. Langkah itu bisa membuat Emery menggunakan dana transfernya untuk memperkuat area lain dalam skuadnya.

Newcastle Butuh Gelandang Baru

Sedangkan Newcastle United, Eddie Howe diberitakan ingin datangkan seorang gelandang baru untuk musim depan, setelah mereka dipastikan akan berlaga di Liga Champions pada musim 2023/24.

Saat ini, Newcastle tetap membidik bintang Manchester United, Scott McTominay, tetapi juga ingin datangkan Guendouzi sebagai tambahan lainnya.

Gaya permainan Guendouzi bisa memberi opsi berbeda pada Howe, sementara ia juga bisa menjadi aset bagi The Magpies. Namun kepindahannya tetap akan tergantung pada harga yang diinginkan Marseille, karena Newcastle tak sudi bayarkan dana yang melebihi batas.

Bagi Newcastle, uang barangkali bukan masalah, tapi mereka tetap tak mau membayar terlalu mahal untuk semua pemain incaran mereka, sejak Arab Saudi mengambil alih klub tersebut pada tahun 2021.

Mereka barangkali bertanya mengenai ketersediaan pemain asal Perancis itu, tetapi tak akan mau begitu saja menuruti keinginan Marseille, jika permintaan klub Ligue 1 itu tak masuk akal.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!