Melempem di Barcelona, Ansu Fati Malah Jadi Pemain Kunci Timnas Spanyol

Gila Bola – Pelatih baru Timnas Spanyol, Luis de la Fuente, secara mengejutkan tunjuk Ansu Fati sebagai pemain kunci, walau penampilannya buruk di Barcelona.

Setelah Timnas Spanyol secara mengejutkan tersingkir di awal turnamen Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) langsung mengganti Luis Enrique dengan Luis de Fuente.

Manajer baru Timnas Spanyol ini akan segera menyebutkan skuad utama La Roja menjelang jeda internasional pertama di tahun 2023 bulan ini.

Timnas Spanyol akan bertemu Norwegia dan Skotlandia di akhir bulan Maret, ketika mereka mulai berjuang di kualifikasi Euro 2024.

De La Fuente Segera Bentuk Tim Jelang Jeda Internasional

De la Fuente diperkirakan akan memanggil para pemain skuad utama untuk tampil di dua pertandingan internasional bulan ini.

Menurut Marca, De La Fuente mempertimbangkan Ansu Fati sebagai seorang pemain kunci dalam rencananya bersama tim nasional, meskipun pemain muda itu tunjukkan permainan yang menyedihkan bersama klubnya.

Penyerang 20 tahun itu harus berjuang ekstra musim ini, walaupun dia sudah benar-benar pulih, setelah sembuh dari cedera yang sangat menyiksanya.

Ansu Fati Kurang Waktu Bermain di Barcelona

Hasilnya, Ansu Fati sulit mendapatkan waktu bermain di bawah asuhan Xavi, dan jebolan La Masia itu lebih sering dimainkan sebagai pengganti. Dalam beberapa pertandingan dia memang menjadi starter, tapi Fati gagal memanfaatkan kesempatan tersebut untuk tampil gemilang.

Ansu Fati absen dalam pertandingan La Liga melawan Almeria pada akhir pekan lalu karena masalah cedera, tapi ia diperkirakan bisa kembali beraksi di laga melawan Real Madrid pekan ini. Selain itu, dia seharusnya cukup fit untuk menerima panggilan Timnas Spanyol.

Diungkapkan Barca Universal, De la Fuente melihat jelas bahwa Fati harus menjadi bagian skuad La Roja. Dia dan timnya mempertimbangkan pemain 20 tahun itu sebagai pemain penting bagi tim nasional, baik saat ini maupun di masa datang.

De La Fuente Pernah Andalkan Ansu Fati di Timnas U-21

Namun, De la Fuente khawatir dengan masalah fisik dan mental pemain muda Barcelona itu. Ia sebelumnya pernah bekerja sama dengan Fati, bahkan memberi Fati kesempatan memulai debut di Timnas U-21 pada tahun 2019.

Ia paham betul, Fati merupakan pemain yang istimewa dan punya kemampuan yang unik, tapi De la Fuente juga yakin penyerang muda tersebut harus mengambil langkah maju dan tinggalkan hal-hal buruk yang dirasakannya.

Tentunya akan menarik untuk mencermati apakah Fati akan menjadi bagian dari wajah baru Timnas Spanyol yang akan dibangun De la Fuente di jeda internasional bulan ini.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News