Middlesbrough Sudah Pernah Juara Carabao Cup, Masuk Final Piala Lima Kali!

Gila Bola – Mauricio Pochettino mewanti-wanti para pemain Chelsea untuk tidak menganggap remeh lawan mereka malam ini di semifinal Piala FA. Itu karena Middlesbrough sudah masuk final di semua kompetisi sebanyak lima kali dan satu kali merebut trofi Carabao Cup.

The Boro akan menyambut kedatangan tim biru kota London itu dalam laga leg pertama empat besar kompetisi EFL Cup di Riverside Stadium, Rabu dinihari (10/1), dan akan mencoba lolos ke final dan meraih kejayaan seperti tahun 2004 saat mengalahkan Bolton Wanderers di partai puncak.

Itu bukan satu-satunya pengalaman final oleh tim bermarkas di Riverside Stadium tersebut karena di masa lalu mereka pernah lolos ke lima final di berbagai kompetisi, dan satu berujung gelar juara.

Daftar Lima Final Kompetisi Saat The Boro Lolos

Selain lolos ke partai puncak Carabao Cup 2004, dan kemudian mengalahkan Bolton dengan skor 1-2, The Boro juga lolos ke final kompetisi yang sama itu pada dua kesempatan berbeda secara berturut-turut, 1997 dan 1998.

Pada kesempatan pertama tahun 1997 itu laga final masih dilakukan mekanisme replay jika imbang. Mereka menahan imbang Leicester City 1-1 pada laga pertama, sebelum kalah 0-1 pada laga ulangan. Keduanya harus melalui tahap extra time.

Mereka satu kali lagi lolos ke final pada tahun 1998, namun kalah oleh calon lawan malam ini, Chelsea. Skor 0-2 extra time dengan dua gol the Blues datang dari Frank Sinclair menit 95 dan kemudian Roberto Di Matteo menit 106.

Mereka juga satu kali lolos sampai ke partai puncak Piala FA tahun 1997. Tahu kalah oleh siapa? Lagi-lagi the Blues. Musuh besar mereka di ajang piala domestik itu mencetak dua gol melalui Roberto Di Matteo dan Eddie Newton.

Selain FA Cup, Middlesbrough FC juga pernah lolos ke final UEFA Cup pada tahun 2006, dengan Sevilla dari Liga Spanyol menghabisi mereka empat gol tanpa balas.

The Boro Bukan Tidak Terkalahkan

Pasukan yang diasuh oleh Michael Carrick, bekas pemain Manchester United dan juga pelatih Setan Merah itu sebelum kedatangan Ole Gunnar Solskjaer, bukan berarti tidak terkalahkan.

Buktinya mereka baru saja disingkirkan oleh Aston Villa di putaran ketiga Piala FA selang empat hari silam, dengan gol tunggal dari Matty Cash, dan assist oleh Douglas Luiz.

Tahu di menit berapa gol skuad Unai Emery itu terjadi? Menit 87. Jadi tim biru kota London perlu lebih sabar dalam menantikan kesempatan datang, termasuk menunggu sampai menit-menit akhir pertandingan.

The Boro sudah kalah tiga kali dari empat laga terbarunya di semua kompetisi, dan kalah dua kali beruntun di kandangnya di Riverside Stadium.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!