Modal Juarai DFB Pokal, Timnas Belgia Tunjuk Eks RB Leipzig Jadi Pelatih Baru

Gila BolaTimnas Belgia mengonfirmasi Domenico Tedesco resmi menjadi pengganti Roberto Martinez. Ia mendapatkan kontrak sampai Juli 2024 mendatang.

Kursi kepelatihan timnas Belgia sempat kosong usai Roberto Martinez pergi. Pelatih sepak bola asal Spanyol terdepak menyusul hasil jeblok Setan Merah di Piala Dunia 2022 Qatar. Thibaut Courtois dan kolega gagal lolos dari fase grup karena cuma bisa menang sekali dari tiga laga yang dilakoni.

Martinez sendiri telah resmi menjadi pelatih timnas sepak bola Portugal. Namun sekarang Federasi Sepak Bola Belgia mengumumkan Domenico Tedesco sebagai nahkoda baru Setan Merah.

Reaksi Domenico Tedesco

Usai resmi dipercayakan menjadi pelatih timnas Belgia, Domenico Tedesco memberikan konferensi pers pertama ke publik. Dikutip dari Sportsmax, sang pelatih mengatakan sebuah kehormatan besar bisa menjadi pelatih kepala Belgia.

Lebih lanjut, Tedesco mengungkapkan bahwa dirinya sangat menantikan tugas pertamanya sebagai pelatih Belgia. Ia juga termotivasi untuk berikan hasil yang positif di laga internasional.

Sekedar informasi, pelatih berusia 37 tahun nganggur sejak September 2022 usai terdepak dari RB Leipzig.

Punya Modal Trofi

Timnas Belgia dengan generasi emasnya di bawah asuhan Roberto Martinez berhasil bersaing dalam perburuan trofi baik di Piala Dunia, Euro dan ajang lainnya. Sayang, gelar yang mereka inginkan sampai eks pelatih Everton pergi belum bisa juara.

Namun keinginan Belgia ingin memenangkan trofi pertama di turnamen internasional pertama berpotensi terwujud. Pasalnya, Domenico Tedesco ketika menangani RB Leipzig sebelumnya berhasil persembahkan trofi DFB Pokal untuk Die Bullen.

Tedesco mampu persembahkan gelar tak lepas mengalahkan Freiburg dengan skor 3-5 di laga final Piala DFB Pokal pada Mei 2022. Menariknya, itu jadi gelar pertama Leipzig di sepak bola Jerman. Dengan demikian, diharapkan bisa berlanjut ke timnas Belgia.

Tugas Berat Latih Timnas Belgia

Dengan Roberto Martinez, timnas Belgia kerapa berada di lima besar ranking FIFA. Artinya, Domenico Tedesco harus bisa mempertahankannya selama ia tangani Thibaut Courtois dan kolega.

Selain itu, tugas lainnya adalah harus bisa loloskan Belgia ke Euro 2024 mendatang. Laga pertama, mereka akan tandang ke Swedia pada bulan Maret mendatang.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!