Nambah Tiga Tadi Pagi, Berarti Sudah Tujuh Negara Lolos ke Piala Eropa 2024, Siapa Saja Mereka?

Gila Bola – Ada tiga negara baru yang lolos ke putaran final Euro 2024 mendatang, menyusul negara tuan rumah Jerman dan tiga yang lolos pada hari kemarin, yaitu timnas Prancis, timnas Portugal, dan timnas Belgia.

Mengulas kembali ke sehari sebelumnya, timnas Prancis lolos ke Jerman usai menang 1-2 atas timnas Belanda berkat dua gol Kylian Mbappe, membuat mereka memenangkan semua enam pertandingan mereka di babak kualifikasi di Grup B.

Kemudian ada timnas Portugal, yang juga mempertahankan rekor sempurna di Grup J dengan mengalahkan timnas Slowakia dengan skor 3-2 berkat dua gol dari Cristiano Ronaldo.

Satu lagi adalah timnas Belgia, yang unggul dengan skor 2-3 atas timnas Austria berkat brace Dodi Lukebakio dan gol Romelu Lukaku, membawa mereka memenangkan 16 poin dari enam pertandingan di Grup F.

Kemudian pada hari ini bertambah tiga negara lagi yang lolos ke Euro 2024 mendatang, dengan yang pertama adalah timnas Turki, yang lolos berkat kemenangan 4-0 atas timnas Latvia.

Dua gol dari Cenk Tosun dan gol-gol dari Yunus Akgun dan Kerem Akturkoglu membawa mereka memuncaki Grup D dengan 16 poin, unggul enam poin dari timnas Wales dan timnas Kraosia.

Kemudian timnas Skotlandia juga lolos ke Euro 2024 mendatang bersama timnas Spanyol untuk mewakili Grup A setelah di hari iniĀ La Roja mengalahkan timnas Norwegia dengan skor 0-1 berkat gol tunggal Gavi.

Timnas Skotlandia dan timnas Spanyol sekarang memiliki 15 poin dari enam pertandingan, tak mungkin terkejar lagi oleh timnas Norwegia yang hanya memiliki 10 poin dari tujuh pertandingan mereka.

Sekali lagi dicatat bahwa seperti sudah kami beritakan sebelumnya di sini, bahwa dua tim teratas di masing-masing grup akan lolos otomasi ke Euro 2024 mendatang yang akan digelar di Jerman.

Dengan ada 10 grup, berarti ada 20 negara yang lolos dari babak kualifikasi, dan ditambah tuan rumah timnas Jerman, berarti akan ada 21 kuota yang terisi dari 24 negara yang akan berpartisipasi di putaran final tahun depan.

Kemudian, tiga tiket tersisa akan diperebutkan oleh mereka yang belum lolos melalui tahap play-off dari turnamen UEFA Nations League, yang bisa jadi jalur alternatif bagi tim seperti timnas Norwegia dan Erling Haaland untuk berpartisipasi di Euro 2024.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!