Palestina Gol Duluan, Tetapi Qatar yang Akhirnya Lolos Perempat Final

Gilabola.com – Akram Afif, yang berambut kribo pada foto di atas, memberi assist untuk gol pertama Qatar, sebelum mencatatkan namanya di papan skor untuk gol kedua timnya ke gawang Palestina, Selasa dinihari (30/1).

Tuan rumah Qatar lolos ke tahap perempat final Piala Asia setelah menang 2-1 atas Palestina, dengan Singa Kanaan itu malah unggul lebih dulu jelang turun minum melalui Oday Dabbagh.

Dengan hasil kemenangan ini maka tim tuan rumah Piala Asia ini meluncur ke tahap perempat final dan akan menghadapi salah satu dari Thailand atau Uzbekistan.

Bagaimana Qatar Atasi Palestina?

Dari data permainan terlihat bahwa kedua tim mementingkan pertahanan, dengan hanya ada sedikit peluang gol saja dari kedua tim.

Meskipun skor akhir 2-1 tetapi angka xG atau peluang gol tuan rumah hanya 0.94, yang berarti hanya ada harapan satu gol saja, sedangkan Palestina bahkan lebih kecil lagi 0.55.

Tuan rumah di bawah arahan pelatih Spanyol Bartolome Thomas itu menguasai dominasi bola sampai mendekati 65 persen selama 90 menit, tapi hanya mampu melepaskan enam percobaan gol. Dari enam itu, hanya dua yang terarah tepat sasaran ke gawang Rami Hamadeh.

Sebaliknya Singa Kanaan terlihat jauh lebih berbahaya. Hanya kebagian kurang lebih 35 persen penguasaan bola, namun mereka berhasil melepaskan delapan upaya gol, yang lebih banyak dari Qatar.

Dan dari delapan percobaan itu, tahu berapa yang on target? Lima! Jadi dari sini saja kita lihat Palestina jauh lebih berbahaya dalam bermain. Sayangnya, mereka kurang beruntung.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Stopper Qatar Meshaal Barsham berhasil melakukan penyelamatan terhadap setidaknya empat serangan Palestina, menjaga gawangnya terselamatkan dari serangan-serangan lawan.

Palestina bermain lebih keras dengan 13 kali melakukan pelanggaran, hampir dua kali lipat foul yang dilakukan Qatar, delapan kali.

Perjalanan Qatar ke Perempat Final Piala Asia

Tuan rumah Piala Asia itu berada di Grup A dan mencatatkan tiga kali kemenangan dari tiga kesempatan, yakni mengungguli Lebanon 3-0, menang 1-0 atas Tajikistan, dan menaklukkan China dengan skor tipis 1-0 pula.

Melaju ke 16 besar, mereka berhadapan dengan Palestina yang lolos sebagai tim urutan ketiga Grup C. Nasib kedua tim ini adalah, sementara tuan rumah mengantongi 9 poin dari tiga laga grup, Singa Kanaan hanya empat.

Dengan demikian sudah empat tim yang berhasil ditaklukkan oleh Qatar:

  • Lebanon di tahap grup
  • Tajikistan di tahap grup
  • China di tahap grup
  • Palestina di 16 besar