Pasrah deh, Peluang Timnas Indonesia Menang atas Australia Cuma 30 Persen!

Gilabola.comTimnas Indonesia akan bertemu lawan berat di babak 16 besar Piala Asia, Australia, di Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1). Shin Tae-yong pun ungkap peluang timnya bisa menang atas skuad The Socceroos di laga sistem gugur ini.

Pelatih asal Korea Selatan itu berusaha realistis hadapi kemungkinan hasil yang bisa diamankan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan. Tak mau muluk-muluk, Shin Tae-yong bahkan mengatakan peluang timnya bisa kalahkan Australia HANYA 30 PERSEN!

Hal ini tak lepas dari apa yang telah ditorehkan tim Merah Putih di fase grup. Indonesia hanya menang satu kali, yakni atas Vietnam, tetapi kalah di dua laga lainnya, melawan Irak dan Jepang.

Namun, Indonesia yang akhirnya menutup fase grup di urutan ketiga, berhasil melaju ke babak 16 besar setelah hasil Oman kontra Kyrgyzstan berakhir imbang 1-1. Indonesia pun terbantu dengan hasil tersebut hingga mengisi posisi ke-4 atau terakhir daftar tim berperingkat tiga terbaik.

Hasil ini tentunya patut disyukuri, karena Indonesia masih mendapat kesempatan untuk bertahan di turnamen ini selama mungkin – dan bukannya terdepak dari fase grup seperti sebelumnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Jangan Terlalu Berharap, Australia Sangat Dominan di Lapangan

Namun, jangan terlalu berharap Timnas Indonesia bisa lanjut ke fase berikutnya setelah malam ini, karena Shin Tae-yong sendiri mengatakan peluang anak asuhnya untuk menang atas tim asal Negeri Kanguru itu hanya 30 persen saja.

Kita tentu masih ingat bagaimana luar biasanya penampilan Australia di fase grup. Mereka mampu mendominasi jalannya laga – siapapun lawan yang dihadapi, hingga tak pernah kalah di tiga laga, dengan catatan dua kali menang dan sekali imbang.

Gawang tim asuhan Graham Arnold itu bahkan hanya kebobolan satu kali – saat mereka hadapi Uzbekistan, dan bukukan empat gol di tiga laga fase grup.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Catatan itu tentunya sudah bisa menunjukkan bagaimana kuatnya tim yang pernah satu kali menyabet gelar juara Piala Asia di tahun 2015 tersebut. Mereka kuat di lini pertahanan dan juga trengginas di lini depan.

Shin Tae-yong Tak Berpikir Timnas Indonesia akan Kalahkan Australia

Karena itulah, Shin Tae-yong ‘cukup tau diri’ lawan yang akan dihadapi timnya di babak 16 besar ini tak main-main, dan pastinya ingin mengulang sukses mereka di tahun 2015 lalu. Pelatih 53 tahun itu bahkan mengatakan, dirinya tak berpikir Indonesia akan kalahkan Australia malam nanti.

Hal ini tak lain karena disebabkan dominasi Timnas Australia di banyak pertandingan, hingga tak heran jika Shin Tae-yong mengatakan peluang mereka bisa kalahkan skuad Garuda bahkan mencapai 70 persen.

Bukan cuma cacatan gemilang di fase grup mereka di Piala Asia kali ini, tapi menurut Shin Tae-yong, Australia lebih unggul dibandingkan Indonesia dalam berbagai aspek, termasuk fisik yang sangat kuat dan terorganisir.

Indonesia Tak akan Menyerah Sebelum Bertarung Hingga Laga Usai

Meski demikian, Shin Tae-yong mengaku timnya tak akan menyerah sebelum bertarung hingga laga usai. Ia pun sudah mempelajari bagaimana pertahanan skuad Australia di banyak laga, serta mencari cara untuk hadapi dan membongkar solidnya lini pertahanan Australia, meskipun dalam bertanding situasi yang terjadi bisa saja berubah.

Walau mencoba realistis dan tak pasang target yang muluk-muluk, Shin Tae-yong tetap berharap timnya bisa menang. Pasalnya, skuad Garuda sudah lakukan persiapan dengan baik dan punya energi yang baik dari para pemain muda.

Di laga melawan Australia malam nanti, Shin Tae-yong kemungkinan tak akan lakukan banyak perubahan lineup. Walaupun membawa 26 pemain, tapi sebenarnya hanya 16 pemain – 11 pemain inti dan maksimal lima pemain cadangan, di setiap laga. Hal ini juga terjadi di tim-tim lain.