Portugal Menang, Ronaldo Gagal Gol, Lukaku Raja Gol Kualifikasi Euro 2024

Gilabola.com – Portugal, yang dari dulu-dulu sudah memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2024, tetap turun dengan deretan pemain terkuatnya saat menang 2-0 atas Islandia pada hari terakhir kualifikasi, Senin dinihari (20/11).

Gol pertama dilesakkan bukan oleh Cristiano Ronaldo, melainkan oleh Bruno Fernandes yang menembak kuat dari luar kotak ke sudut terjauh gawang Hakon Valdimarsson jelang akhir babak pertama.

Gol kedua juga bukan CR7. Sang pemain Al-Nassr bertindak sebagai pemberi assist untuk Ricardo Horta, penyerang asal Braga, sebuah klub di Liga Portugal.

Skuad arahan Roberto Martinez ini sangat superior. Mereka menang 10 dari 10 laga, mencatatkan nilai sempurna 30 dan menempati posisi puncak Grup J. Namun Ronaldo akan merasa lidahnya pahit setelah gagal mengejar top skor kualifikasi, Romelu Lukaku.

Portugal Dominan Luar Biasa, Tetapi Hanya Dua Gol

Matchday ke-10 Grup J kualifikasi Euro 2024 ini berlangsung secara kurang seimbang di Estádio José Alvalade di kota Lisbon. Tuan rumah tampil luar biasa dominan yang berujung dua gol.

Portugal menguasai bola sampai dengan 64 persen, menyisakan 36 persen bagi tamunya, melepaskan 24 percobaan gol, dengan 12 kali di antaranya terarah tepat ke gawang Islandia, namun hanya ada dua gol saja.

Sebaliknya tim tamu memiliki hanya lima upaya mencetak gol selama 90 menit, tiga terarah tepat sasaran ke gawang Diogo Costa, tapi nihil gol. Islandia menempati posisi kedua dari bawah Grup J dengan koleksi nilai 10.

Lukaku Cetak 4 Gol Beberapa Jam Lalu

Romelu Lukaku sudah sulit dikejar oleh Ronaldo. Beberapa jam lalu ketika Die Roten Teufel menghajar Azerbaijan dengan lima gol tanpa balas, nama Lukaku mendominasi papan skor dengan empat gol. Satu sisanya oleh Leandro Trossard.

Empat gol itu langsung melontarkan sang pemain Chelsea, yang tengah dipinjamkan ke Roma, ke puncak klasemen top skor babak kualifikasi dengan koleksi 14 gol. Ronaldo? Di posisi kedua dengan 10 gol.

Di posisi berikutnya dari daftar top skor ada Kylian Mbappe 9 gol, lalu Harry Kane 8 gol, Rasmus Hojlund dan Scott McTominay dengan 7 gol masing-masing, disusul Erling Haaland dan Mohamed Zeki Amdouni 6 gol.

Portugal Lolos Bareng Slovakia dari Grup J

Skuad Goncalo Ramos dan rekan-rekannya tidak melenggang sendirian ke Jerman untuk putaran akhir. Bersama mereka ada Slovakia yang menang 1-2 di Bosnia & Herzegovina serta meraih nilai 22.

Portugal 30 dan Slovakia 22 sudah tidak mungkin dikejar lagi oleh Luksemburg di posisi ketiga Grup J dengan 17 poin setelah mereka menang 0-1 di Liechtenstein.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!