PSG Dituduh Intervensi France Football Biar Ballon d’Or 2021 Diberikan ke Lionel Messi

Gila BolaParis Saint-Germain dituduh melakukan upaya untuk memengaruhi hasil penghargaan Ballon d’Or demi kepentingan Lionel Messi. Tuduhan tersebut muncul setelah Messi bergabung dengan klub tersebut dari Barcelona pada musim panas 2021.

Dalam berita yang diterbitkan oleh Le Monde, Paris Saint-Germain diduga mendekati presiden majalah France Football saat itu, Pascal Ferre, dengan harapan agar dia membantu Messi memenangkan Ballon d’Or atas Robert Lewandowski.

Ferre membantah yuduhan tersebut, menyatakan bahwa dia sebenarnya memilih Robert Lewandowski, bukan Messi, pada pemungutan suara Ballon d’Or 2021 yang dimenangkan superstar Argentina.

Pembicaraan mengenai kecurangan pada gala Ballon d’Or 2021 mencuat setelah Paris Saint-Germain kini telah mempekerjakan Pascal Ferre sebagai direktur komunikasi klub.

Le Monde melaporkan bahwa Ferre menerima hadiah, seperti tiket pertandingan dan penerbangan kelas bisnis dari PSG pada tahun 2020 dan 2021 saat masih menangani majalah France Football.

Pada tahun 2021, Lionel Messi berhasil memenangkan Ballon d’Or yang ketujuh, mengungguli striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski, yang sebelumya sudah sial karena gagal memenangkan Ballon d’Or 2020 yang ditiadakan karena pandemi.

Kemenangan tersebut memberikan kebanggaan besar bagi Paris Saint-Germain, yang memiliki Lionel Messi hanya beberapa bulan sebelumnya setelah mengontraknya dari Barcelona secara bebas transfer pada 2021.

Sementara itu, superstar Argentina itu sendiri pada akhirnya hanya bertahan dua tahun saja di Parc des Princes sebelum dia kemudian pergi secara bebas transfer selama musim panas 2023 untuk bergabung ke Inter Miami.

Selama waktunya di Parc des Princes, Lionel Messi dianggap tidak mencapai level yang diharapkan dengan dia hanya mencetak enam gol di Ligue 1 di musim pertamanya, tapi kemudian membaik di musim keduanya dengan mencetak 16 gol dan 16 assist dalam 32 penampilan di Liga Prancis.

Fans PSG juga merasa tidak senang dengan apa yang telah dilakukan pemenang delapan Ballon d’Or itu bagi klub di Liga Champions, di mana¬†Les Parisiens tersingkir beruntun di babak 16 besar meski punya pemain yang katanya pemain terbaik dunia itu.

Kembali ke soal Ballon d’Or 2021 yang dianggap adanya intervensi PSG, Lionel Messi yang memenangkan penghargaan tahun itu menyatakan penyesalan terkait kegagalan Robert Lewandowski dalam pidatonya.

Dia mengatakan kala itu, “Saya ingin menyebutkan Robert Lewandowski, merupakan suatu kehormatan nyata untuk bersaing dengan Anda. Semua orang tahu dan kami setuju bahwa Anda adalah pemenang tahun lalu. Saya pikir France Football harus menghadiahkan Anda trofi tahun lalu, Anda pantas mendapatkannya dan Anda harus memilikinya di rumah.”

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!