Pukulan Telak untuk Timnas Belanda! De Jong Absen di Euro 2024

Gila Bola –¬†Timnas Belanda mendapat pukulan telak menjelang dimulainya EURO 2024 pekan ini, pemain andalan mereka Frenkie de Jong kini dipastikan absen pada turnamen tersebut pada hari Senin.

De Jong, 27 tahun, belum bermain lagi sejak ia cedera pada pergelangan kaki kanannya saat Barcelona kalah 3-2 dari Real Madrid pada 21 April lalu.

Meski begitu, gelandang tersebut tetap dimasukkan dalam skuad berisi 26 pemain asuhan Ronald Koeman untuk Euro di Jerman dengan harapan dia bisa tampil di final.

Namun, Belanda mengkonfirmasi dalam pernyataan singkat bahwa De Jong telah tidak akan cukup fit untuk bermain di turnamen tersebut.

“Saya sedih dan kecewa karena tidak bisa tampil di Euro,” kata De Jong dalam unggahan media sosialnya.

“Kami telah bekerja keras dalam beberapa minggu terakhir, tetapi pergelangan kaki saya sayangnya membutuhkan lebih banyak waktu pemulihan. Ini adalah mimpi dan kehormatan terbesar untuk mewakili negara kami di turnamen besar, tetapi sekarang, seperti seluruh bangsa, saya akan mendukung tim kami dari pinggir lapangan.”

De Jong, yang telah mencatatkan 54 caps untuk negaranya, absen dalam enam pertandingan terakhir Barca musim ini setelah mengalami cedera pergelangan kaki ketiganya musim ini dalam kekalahan El Cl√°sico melawan Madrid.

Berbicara setelah kemenangan 4-0 atas Islandia, Koeman mengkritik manajemen Barcelona atas penanganan cedera De Jong musim ini.

“Mereka mengambil risiko dengan Frenkie dan sekarang kami menanggung akibatnya,” kata Koeman kepada NOS.

De Jong sekarang akan kembali ke Barcelona untuk melanjutkan pemulihannya, sementara Koeman harus memutuskan apakah dia ingin memanggil pengganti untuk mantan pemain Ajax tersebut.

Belanda akan memulai turnamen mereka melawan Polandia pada 16 Juni, dengan pertandingan melawan Prancis dan Austria yang akan menyusul di babak penyisihan grup.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!