Real Madrid Absen Piala Dunia Antarklub Bakal Jadi Berkah Bagi Barcelona

Gila Bola – Sikap Real Madrid yang menolak hadir di Piala Dunia Antarklub bisa menguntungkan bagi Barcelona.

Barca gagal melaju ke Kualifikasi Piala Dunia Antarklub 2025 setelah mereka tersingkir dari Liga Champions 2023/24.

Sementara Piala Dunia Antarklub sendiri akan memperkenalkan format baru, di mana sebanyak 32 tim dari seluruh dunia bisa mengikuti ajang tersebut.

Dalam format baru, Eropa mendapat 12 slot dalam kompetisi tersebut, di mana empat di antaranya akan diambil dari empat pemenang terakhir Liga Champions.

Sedangkan delapan tim Eropa lainnya akan lolos berdasarkan peringkat klub selama periode empat tahun. Klub-klub seperti PSG, Inter Milan, Porto, Benfica, Borussia Dortmund, Juventus, Atletico Madrid dan RB Salzburg akan menjadi tim yang bisa lewati jalur tersebut.

Barca sendiri harus merelakan tempat mereka untuk Atletico Madrid. Sebagai hasilnya mereka kehilangan peluang kantongi dana hingga 150 juta Euro – setara 2,6 triliun Rupiah, yang bisa mereka dapatkan dari turnamen itu.

Pintu Terbuka bagi Barcelona?

Namun pada Senin (10/6) pagi waktu setempat, pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti mengklaim, mereka berpeluang abaikan undangan untuk berpartisipasi dalam Piala Dunia Antarklub 2025.

Los Blancos sendiri lolos untuk ikuti kompetisi itu sebagai tim jawara Liga Champions,tapi Ancelotti tegaskan mereka tak ingin ambil bagian.

Penolakan Real Madrid inipun berpeluang membuka pintu bagi Barca untuk ikuti ajang Piala Dunia Antarklub ini tahun depan. Demikian seperti diungkapkan Sport.

Jika Madrid putuskan untuk tak berpartisipasi, maka Barca akan menjadi tim berikutnya yang mengambil posisi kosong berdasarkan peringkat co-efisien UEFA.

Piala Dunia Antarklub Dimainkan dengan Format Baru

Eropa diberikan 12 slot dalam kompetisi, empat di antaranya akan diambil oleh pemenang empat pemenang terakhir Liga Champions UEFA.

Delapan tim sisanya akan lolos berdasarkan peringkat klub selama periode empat tahun. PSG, Inter Milan, Porto, Benfica, Borussia Dortmund, Juventus, Atletico Madrid, dan RB Salzburg menjadi tim yang berhasil melewati jalur tersebut.

Memang, jika Madrid putuskan untuk tak ikuti kompetisi ini, Barca akan menjadi klub yang mengisi slot kosong, berdasarkan peringkat koefisien Uefa mereka.

Jika skenario ini terjadi, maka – tentu saja, hal itu akan sangat menguntungkan bagi Barca. Apalagi, terbang ke Amerika untuk ajang ini tahun depan akan sangat menguntungkan Barca, karena mereka bisa membawa pulang 2,6 triliun Rupiah.

Angka resminya memang belum diumumkan, tapi jika berpartisipasi dalam turnamen ini saja diperkirakan bisa dibayar 50 juta Euro – atau 878 miliar Rupiah, lalu bayarannya bertambah menjadi dua kali lipat jika menang.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!