Roberto Mancini Cabut, Maurizio Sarri Dorong Timnas Italia Rekrut Pelatih Ini

Gila Bola – Pelatih Lazio, Maurizio Sarri menyarankan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) menunjuk Luciano Spalletti. Ia punya alasan mengapa menyarankannya sebagai pelatih timnas Italia.

Timnas Italia mendapatkan kabar mengejutkan dari Roberto Mancini. Ia memutuskan mengundurkan diri dari pelatih tim berjuluk Gli Azzurri dan FIGC juga telah menerima surat pengunduran Mancini.

Roberto Mancini sejatinya masih terikat kontrak untuk menangani timnas Italia sampai Euro 2024 mendatang. Tapi ia lebih memilih mengakhirinya lebih cepat.

Euro 2024 tinggal menyisakan 10 bulan lagi. Dengan demikian, FIGC juga ingin segera mencari penggantinya. Namun Maurizio Sarri menyarankan Federasi Sepak Bola Italia menunjuk Luciano Spalletti.

Alasan Sarankan Luciano Spalletti 

Dikutip dari tribalfootball, Maurizio Sarri mengatakan Luciano Spalletti memang tidak memiliki pengalaman terkait tim nasional. Akan tetapi, Sarri bilang jika Spalletti adalah pelatih berpengalaman dan punya pengetahuan untuk beradaptasi dengan sangat cepat.

Meski disarankan oleh Maurizio Sarri memboyong Luciano Spalletti. Akan tetapi, tetapi tidak mudah untuk merekrutnya sebagai pelatih. Pasalnya, FIGC harus membayar sebesar 3,2 juta euro atau setara Rp 53 miliar dan federasi tidak berminat membayarnya.

Memang statusnya bukan lagi sebagai juru racik Napoli, tetapi Luciano Spalletti masih dikontrak oleh juara Liga italia musim 2022/23.

Ada Kandidat Lain 

Federasi Sepak Bola Italia sebetulnya takperlu sing untuk menggantikan Roberto Mancini. Pasalnya, ada beberapa pelatih ternama masih nganggur selain Luciano Spalletti.

Pelatih tersebut di antaranya adalah Antonio Conte, Massimiliano Allegri, Gennaro Gattuso, dan Fabio Cannavaro. Namun jika nama-nama tersebut yang punya pengalaman adalah Conte. Ia pernah tangani Gli Azzurri pada 2014-2016.

Antonio Conte bisa didatangkan dengan mudah karena saat ini statusnya juga sedang tak melatih. Tapi jika ingin ada perbedaan di timnas Italia, federasi bisa mengontrak Luciano Spalletti.

Lalu Ke mana Roberto Mancini? 

Pengunduran yang dilakukan oleh Roberto Mancini memang telah memberikan banyak kejutan untuk pecinta sepak bola. Usai mundur, sekarang tersiar kabar bahwa Mancini akan mengisi pos pelatih timnas Arab Saudi.

Dari berita yang beredar, Roberto Mancini digoda dengan gaji sebesar 18 juta euro atau setara Rp 301 miliar per tahun dengan kontrak tiga tahun.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!