Skenario Grup Neraka Inggris dan Grup Bahagia Untuk Drawing Euro 2024

Gilabola.com – Dengan Inggris sudah memastikan diri lolos ke putaran akhir di Jerman, serta memastikan diri menghuni Pot 1 untuk drawing Euro 2024 pada 2 Desember mendatang, inilah skenario grup neraka dan grup bahagia Harry Kane serta kawan-kawannya.

Masuknya Inggris ke Pot 1 drawing Euro 2024 memastikan mereka tidak akan berjumpa dengan sejumlah raksasa Eropa lainnya. Jerman selaku tuan rumah salah satunya. Namun juga Portugal, Perancis, Spanyol serta Belgia. Seluruhnya berada di Pot 1.

Namun sayangnya di luar sana masih ada sejumlah tim nasional yang bisa mengacaukan upaya Inggris meraih trofi Piala Eropa 2024. Kita akan lihat grup neraka yang bisa dihadapi tim Gareth Southgate ini dan juga grup bahagia yang bisa diperoleh tim Union Jack ini.

Grup Neraka: Inggris, Denmark, Belanda, Kroasia

Inggris memang menghuni Pot 1 untuk drawing Euro 2024, tetapi ada sejumlah tim yang berada di Pot 2 dan Pot 3 yang masih bisa menjadi gangguan bagi tim Tiga Singa.

Denmark misalnya. Christian Eriksen dan Rasmus Hojlund serta rekan-rekannya ini masuk ke Pot 2 karena hanya memiliki koleksi 16 poin saja dalam overall ranking setelah mengabaikan hasil melawan tim paling lemah di Grup H, San Marino.

Negara Skandinavia itu bisa saja diundi untuk masuk satu grup bersama Harry Maguire, Marcus Rashford, maupun Luke Shaw serta Mason Mount.

Seluruhnya adalah pemain yang selama ini berbagi kamar ganti yang sama di Manchester United, namun mereka akan dipaksa saling jegal jika masuk ke dalam grup yang sama untuk putaran final Juni-Juli 2024 nanti.

Tim kedua yang bisa menggagalkan upaya the Three Lions adalah Belanda. Skuad Ronald Koeman itu hanya mengoleksi 15 poin saja dan masuk ke Pot 3 setelah dua kali kalah di Grup B. Mereka masih bisa meraih tiga poin lagi pada laga terakhir grup di Gibraltar, tetapi tidak akan mungkin menggusur Austria di posisi terakhir Pot 2.

Tyrell Malacia serta Donny van de Beek adalah dua pemain aktif De Oranje di Setan Merah dan mereka bisa menemukan dirinya satu lapangan melawan rekan-rekan satu klubnya saat memulai turnamen di Jerman.

Tim ketiga untuk skenario buruk adalah Kroasia. Luka Modric dan rekan-rekannya ini masih berada di Pot 4, namun akan naik kasta ke Pot 3 jika berhasil memenangkan matchday terakhirnya kontra Armenia. Jika itu terjadi berarti hanya salah satu, entah Oranje atau si tim papan catur yang masuk.

Grup Bahagia: Inggris, Albania, Slovenia, Serbia

Apakah ada kemungkinan Inggris mendapatkan grup bahagia? Ya bisa saja. Di Pot kedua misalnya, ada Albania. Mereka memiliki 15 poin dan sudah menyelesaikan delapan pertandingan kualifikasi.

Di Pot Ketiga ada Slovenia dengan 16 poin dan juga sudah menyelesaikan seluruh laga-laga grup kualifikasinya.

Mengapa Slovenia ada di Pot 3, sementara Albania dengan poin lebih kecil di Pot 2? Ini membutuhkan pembahasan satu artikel sendiri, tetapi ringkasnya itu karena Albania juara grup, dan Slovenia hanya runner-up. Beda kasta.

Kemudian di Pot 4 ada Serbia, yang bisa melengkapi tiga tim relatif mudah bagi Bukayo Saka dan rekan-rekannya saat mereka memulai putaran akhir Euro 2024 di Jerman, tahun depan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!