Skenario Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia, Begini Detailnya

Gilabola.com – Indonesia dihalangi oleh satu tim, dan bisa dilampaui oleh satu tim lainnya dalam klasemen urutan ketiga terbaik di Piala Asia. Keduanya akan bertanding Kamis malam ini (25/1) dan ada dua skenario yang bisa menguntungkan kita.

Tim Garuda kita baru saja kalah 3-1 melawan Jepang kemarin, yang merupakan harapan terakhir menentukan nasib di tangan sendiri. Harapan itu telah kandas, tetapi masih ada peluang lolos yang bergantung pada hasil pertandingan di Grup E dan Grup F malam ini. Posisi klasemen sementara klasemen tim urutan ketiga adalah sebagai berikut.

  1. Palestina 3 kali main, poin 4, selisih gol 5:5
  2. Suriah, 3 games, poin 4, 1:1
  3. Bahrain baru 2 kali main, poin 3, 2:3
  4. Indonesia, 3 games, poin 3, 3:6
  5. China, 3 games, poin 2, 0:1
  6. Oman, baru dua laga, poin 1, 1:2

Anda bisa melihat bahwa kita terancam oleh hasil yang diperoleh Oman, yang akan menyelesaikan pertandingan ketiganya malam ini, selain posisi Bahrain yang akan memulai laganya sebentar lagi.

Dengan demikian, Jordi Amat dan rekan-rekannya masih bisa menggapai babak 16 besar jika salah satu dari dua skenario berikut ini terjadi.

Bahrain Kalah Dengan Tiga Gol Atau Lebih Kontra Yordania

Pertandingan Yordania vs Bahrain di Grup E akan dimulai Kamis petang pukul 18.30 WIB. Negeri Teluk itu harus kalah tiga gol atau lebih agar tim Garuda bisa lolos dengan cara melewati posisi Bahrain.

Jika Bahrain kalah dengan tiga gol, katakanlah 3-0, maka Indonesia naik ke urutan ketiga dengan selisih tetap gol minus tiga, poin tiga, dan Bahrain merosot ke urutan keempat dengan selisih gol minus empat.

Kalah dengan skor lebih kecil juga bisa sih, misalnya 2-0 atau 3-1, tetapi harus ada hitung-hitungan kartu kuning lebih banyak daripada kita. Kalau tidak salah hitung, mereka harus menerima lima kartu kuning atau lebih agar posisinya turun di bawah Indonesia dengan alasan catatan kedisiplinan yang lebih rendah.

Di luar dua skenario itu, sulit. Misalnya Bahrain menang atas Yordania, misalnya. Mereka malah memiliki nilai 6 dan berpeluang naik pangkat menjadi juara Grup E, bergantung pada hasil Korea Selatan vs Malaysia.

Oman Draw atau Kalah Lebih Baik Kontra Kirgizstan

Selang beberapa jam kemudian pada Kamis malam pukul 22.00 WIB akan dimulai pertandingan lainnya, Kirgizstan vs Oman, yang bisa menjadi penyelamat kita jika skenario pertama Bahrain kalah tiga gol atau lebih tidak terjadi.

Skenario kedua ini mengharuskan Oman untuk imbang, atau lebih baik lagi kalau bisa kalah di tangan Kirgizstan. Imbang memberi negeri Teluk itu poin dua yang masih lebih kecil daripada nilai Indonesia. Kalah apalagi.

Jadi jika harapan agar Bahrain kalah lebih daripada tiga gol tidak tercapai maka pada sekitar tengah malam kita sudah bisa mengetahui apakah tim nasional kita lolos atau tersingkir, berdasarkan hasil Kirgizstan vs Oman.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!