Supercoppa Italiana Malam Nanti, Dua Tim Paling Jagoan Justru Absen

Gila Bola – Piala Super Italia akan dimulai nanti malam dengan laga Napoli vs Fiorentina. Namun dua tim asal Serie A yang paling sering merebut trofi ini justru absen dan hal itu kabarnya mengecewakan tuan rumah Arab Saudi.

Dua tim yang paling jagoan di kompetisi Piala Super Italia ini, Juventus dan AC Milan, justru absen. Bianconeri memenangkan piala ini sebanyak sembilan kali sepanjang sejarah, Rossoneri tujuh kali.

Pertandingan semifinal pertama Supercoppa Italiana akan berlangsung Jumat dinihari (19/1) pukul 02.00 menurut jam dinding Indonesia, mempertemukan Napoli kontra Fiorentina. Partenopei adalah kampiun Serie A musim lalu, sedangkan Gigliati runner-up Coppa Italia musim kemarin.

Semifinal kedua akan berlangsung Sabtu dinihari (20/1) antara juara Coppa Italia Inter melawan tim urutan kedua liga, Lazio.

Juventus Menang Supercoppa 9 Kali Sepanjang Sejarah

Si Nyonya Tua adalah tim yang paling berpengalaman di ajang kompetisi Supercoppa Italiana karena masuk final kompetisi sebanyak 17 kali, terbanyak dari semua tim, dan menjadi kampiun sembilan kali.

Terakhir kalinya ini terjadi pada 2020 saat mereka menang 2-0 atas Napoli, dengan dua gol dicetak, tahu oleh siapa? Cristiano Ronaldo dan Alvaro Morata. Keduanya membela jersey zebra pada waktu itu.

Tahun 2021 Juventus juga lolos ke final, tapi kalah setelah menjalani laga extra time melawan Inter. Skor akhir 2-1 dengan dua gol Nerazzurri datang dari Lautaro Martinez serta Alexis Sanchez, serta balasan datang dari Weston McKennie.

AC Milan Sudah Menang 7 Kali Piala Super Italia

Tim nomor dua paling sukses di ajang kompetisi ini adalah AC Milan. Tapi kemenangan terakhirnya sudah cukup lama, tahun 2016. Pada final tahun itu di Jassim bin Hamad Stadium, Doha, Qatar, mereka menaklukkan, tahu siapa? Juventus.

Laga harus diakhiri dengan adu penalti setelah skor 1-1 terjaga selama 120 menit dengan Giorgio Chiellini menjadi pencetak gol Bianconeri, dan Giacomo Bonaventura dari pihak Rossoneri.

Milan lolos ke final kompetisi ini sebanyak 12 kali dan menjadi juaranya tujuh kali. Sisanya lima kali pulang tanpa trofi, termasuk tahun 2022 kemarin. Tahu kalah lawan siapa? Inter.

Inter, Lazio Adalah Tim Paling Sukses Berikutnya

Sebenarnya Arab Saudi tidak perlu terlalu kecewa. Tim urutan ketiga dan keempat paling sukses di ajang Supercoppa Italiana hadir kok di King Saud University Stadium di Riyadh, malam ini. Inter sudah memenangkan piala sebanyak tujuh kali dari 11 kali kesempatan masuk final kompetisi ini.

Mereka baru saja memenangkan piala ini dua kali berturut-turut. Tahun 2022 mengalahkan Juventus dengan skor 2-1 melalui babak extra time dan tahun 2023 menang atas rival sekotanya Milan dengan skor 3-0. Tiga gol pasukan Simone Inzaghi itu dilesakkan oleh Federico Dimarco, Edin Dzeko, dan Lautaro Martinez.

Sementara itu Lazio menang sebanyak lima kali, dengan terakhir kalinya terjadi 2017 dan 2019.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!