Tahu Nggak? Pemuncak Klasemen Empat Liga Top Eropa Semua Dilatih Pelatih Asal Spanyol!

Gila Bola – Ada kesamaan menarik dari empat klub yang memuncaki klasemen empat liga top Eropa saat ini, yaitu semua sama-sama dilatih pelatih asal Spanyol dan semua juga adalah mantan gelandang semasa bermainnya!

Ada yang bilang bahwa bermain sebagai gelandang adalah modal yang sangat bagus untuk menjadi pelatih hebat. Kenapa? Karena mereka bisanya menjadi pusat permainan tim baik dalam hal bertahan dan menyerang.

Gelandang merupakan ruh dari permainan tim, selalu berpikir bagaimana menjaga keseimbangan tim, bagaimana bisa mendominasi bola, memberikan umpan, mampu mencetak gol, dan tidak kebobolan.

Maka, tidak mengejutkan, bahwa salah satu buktinya adalah bahwa empat klub yang memucaki klasemen sementara empat liga top Eropa saat ini adalah mantan pemain lini tengah dan semua berasal dari Spanyol!

Nggak heran sih karena Spanyol kerap dikenal sebagai tim dengan permainan indah mereka dan memperdulikan penguasaan pada bola, dan berikut empat pelatih Spanyol mantan gelandang yang membawa timnya memuncaki klasemen liga mereka.

Di Inggris, ada Mikel Arteta, yang membawa Arsenal memuncaki klasemen sementara Premier League dengan 39 poin dari 17 pertandingan, menang 12 kali dan hanya menderita dua kekalahan.

Padahal melatih The Gunners adalah pengalaman pertama pelatih 41 tahun itu sebagai manajer profesional, dengan dia sebelumnya hanya bertindak sebagai asisten Pep Guardiola di Manchester City.

Kemudian di Perancis ada Luis Enrique, yang membawa Paris Saint-Germain mempertahankan dominasi mereka di Ligue 1 dengan 37 poin dari 16 pertandingan, unggul lima angka dari peringkat kedua.

Sosok yang sekarang berusia 53 tahun itu dulunya juga adalah seorang gelandang, pernah bermain untuk Real Madrid dan juga Barcelona, memiliki 62 caps atas namanya untuk La Roja, mencetak 12 gol.

Di Spanyol, ada Michel yang bisa dibilang sebagai pelatih yang paling layak dipuji di sini karena dia membawa tim kecil macam Girona untuk memuncaki klasemen La Liga dengan mengangkangi Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona.

Dulu, dia adalah seorang gelandang serang selama masa bermainnya, meski kebanyakan klub yang dibelanya adalah klub-klub kecil Spanyol, dengan dia pensiun pada 2012 lalu di Rayo Vallecano.

Terakhir di Jerman ada Xabi Alonso, mantan gelandang yang pernah bermain untuk Liverpool, Real Madrid, dan Bayern Munchen, memiliki 114 caps atas namanya dengan 16 gol untuk timnas Spanyol.

Dia baru ditunjuk jadi manajer Bayer Leverkusen pada Oktober 2022 dan dia langsung mencatatkan prestasi luar biasa, dengan timnya menjadi satu-satunya tim yang tidak terkalahkan di Bundesliga, membawa mereka ke puncak klasemen dan mengungguli juara abadi, Bayern Munchen.

Nah menurutmu, kira-kira di antara mereka berempat, mana yang bisa bertahan di puncak klasemen sampai akhir musim? Kemudian, siapa di antara keempat manajer itu yang paling layak diapresiasi prestasinya?

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!