Timnas Belanda Melempem, Ronald Koeman dan Virgil van Dijk Kena Semprot

Gila Bola – Legenda timnas Belanda, Ruud Gullit sangat kecewa dengan Ronald Koeman. Ia juga menilai Virgil van Dijk dan Frenkie de Jong gagal menunjukkan sebagai pemimpin dalam tim.

Tim berjuluk De Oranje pada Piala Dunia 2022 memang melaju sampai babak perempat final dan langkah mereka dihentikan oleh timnas sepak bola Argentina. Namun performa mereka dinilai masih belum memuaskan.

Pergantian pelatih dari Louis van Gaal ke Ronald Koeman sangat diharapkan adanya perubahan. Eks pelatih Barcelona langsung dihadapkan dengan kualifikasi Euro 2024 dan semifinal UEFA Nations League. Sayang, timnas Belanda di laga pertama harus dikalahkan Perancis 4-0 di babak kualifikasi.

Sempat menang atas atas Gibraltar, timnas Belanda yang bermain di depan pendukungnya pada semifinal UEFA Nations Legaue gagal total. Pasukan Ronald Koeman kalah dari Kroasia 4-2. Kemudian di perebutan tempat ketiga juga tumbang 3-2 dari Italia. Situasi ini membuat Ruud Gullit sangat geram.

Berikan Sindiran Keras

Kegagalan timnas Belanda tersebut langsung mendapatkan sorotan dari Ruud Gullit. Ia menilai Ronald Koeman dan anak asuhnya di UEFA Nations League tampil jelek.

Menulis di De Telegraaf, Ruud Gullit mengungkapkan setelah mereka bermain di ajang ersebut ia tak bisa membela Ronald Koeman dan pemainnya.

Ruud Gullit bahkan juga memberikan sindiran jeleknya penampilan timnas Belanda di bawah asuhan Ronald Koeman karena semuanya sudah ingin pergi liburan.

Bukan Sosok Pemimpin

Selain Koeman, Gullit juga memberikan kritikan untuk dua pemain timnas sepak bola yang kini jadi idola seperti Virgil van Dijk dan Frenkie de Jong. Menurutnya, kedua pemain tak punya jiwa kepemimpinan.

Ruud Gullit juga menyatakan bahwa jika di timnas belanda tak ada pemimpin, maka akan menyulitkan bagi pelatih untuk bekerja.

Legenda timnas Belanda menilai seharusnya Virgil van Dijk dan Frenkie de Jong bisa jadi pemimpin. Tapi ia menilai keduanya tak memilikinya.

Timnas Belanda

Setelah gagal di UEFA Nations League, timnas Belanda baru akan kembali bertanding di laga internasional pada bulan September mendatang. Pasukan Koeman akan kembali hadapi kualifikasi Euro 2024.

Timnas Belanda akan melakoni dua laga masing-masing menjamu Yunani pada tanggal 8 September. Kemudian empat hari berikutnya tandang ke markas Irlandia.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!