Timnas Indonesia Bisa Ditinggal Shin Tae-yong, Lima Pelatih Dilirik Jadi Penggantinya?

Gilabola.comTimnas Indonesia berpeluang ditinggal Shin Tae-yong yang saat ini nasibnya dipertanyakan walau berhasil membawa skuad Garuda ke 16 besar Piala Asia. Lima nama pelatih kontan disebut-sebut sebagai calon penggantinya!

Shin Tae-yong sebenarnya berhasil membawa Marselino Ferdinan dan kawan-kawan mengukir sejarah dengan melaju ke babak sistem gugur Piala Asia. Namun ia diberitakan akan tinggalkan tim Merah Putih setelah diminta bergabung oleh lima tim nasional negara lain.

Saat ini, pelatih asal Korea Selatan itu masih terikat kontrak dengan Indonesia meskipun sudah akan berakhir di bulan Juni 2024. Ia masih memiliki tugas memandu skuad Garuda di Piala Asia U23, dan tugas itulah yang berpeluang menjadi tugas terakhirnya di Indonesia.

Hal ini tak lepas dari pernyataan yang mengaku mendapat tawaran dari tim nasional lain di sela-sela kesibukannya bersama Indonesia di Piala Asia Qatar. Namun, Shin Tae-yong mengaku tetap setia pada kesepakatannya dengan Indonesia dan mengaku tak akan melatih tim lain di Asia Tenggara.

Apalagi, sejak diasuh pelatih berusia 53 tahun itu pada tahun 2020, Timnas Indonesia tunjukkan perkembangan yang positif, di antaranya Indonesia berhasil melaju ke fase sistem gugur Piala Asia, bahkan lolos ke putaran Piala Asia di tiga level berbeda!

Di tengah santernya pemberitaan bahwa Shin Tae-yong akan tinggalkan Indonesia, lima nama pelatih muncul dan disebut-sebut berpeluang menjadi pengganti mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018/Rusia tersebut.

Beberapa nama pelatih yang disebut-sebut bisa menjadi pengganti Shin Tae-yong sudah tak asing lagi di telinga kita, siapa saja mereka?

  • Akira Nishino

Mantan pelatih Thailand ini tak kalah senior dari Loew, 68 tahun! Indonesia diberitakan bisa jajaki kemungkinan Akira datang dan gantikan Shin Tae-yong tahun ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Akira Nishino yang terakhir tinggalkan Asia Tenggara sebagai pelatih Timnas Thailand di tahun 2021, tercatat juga pernah menjadi pelatih Timnas Jepang. Nasibnya tak lanjut sebagai pelatih tim Gajah Perang semata-mata karena pandemi, hingga ia hanya memandu tim asuhannya berlaga di 10 pertandingan.

  • Alexandre Polking

Pelatih asal Brasil yang satu ini juga disebut-sebut sudah mengenal sepak bola Asia Tenggara – termasuk Indonesia, dan cocok gantikan Shin Tae-yong. Apalagi, pelatih 47 tahun itu juga sempat mengasuh beberapa klub sepak bola di wilayah ini, dan terbilang sukses.

Polking pernah membawa Thailand amankan dua gelar Piala AFF dan melaju ke putaran final Piala Asia 2023. Bahkan ia torehkan rekor kemenangan yang luar biasa bersama tim Gajah Perang, yakni menang 21 kali dalam 37 pertandingan yang dilakoni Timnas Thailand asuhannya.

  • Luis Milla

Pelatih asal Spanyol yang pernah menangani Persib Bandung ini juga disebut-sebut sebagai kandidat pengganti Shin Tae-yong usai Piala Asia U23.

Apalagi, ia sebelumnya juga pernah mengasuh Timnas Indonesia di tahun 2017 hingga 2018, tetapi dianggap tak mendapat waktu yang cukup untuk mendongkrak potensi pemain muda di dalam skuadnya untuk tunjukkan performa terbaik mereka.

Pelatih 57 tahun itu lalu menjadi pelatih Persib Bandung di tahun 2022, dan berhasil membawa skuad Maung menutup musim 2022/23 di urutan ketiga. Sayangnya, di musim berikutnya, Luis Milla hanya beberapa bulan saja di klub itu, dan memutus kontraknya karena alasan keluarga.

  • Park Hang-seo

Mantan pelatih Timnas Vietnam berusia 65 tahun ini diberitakan bisa menjadi pengganti Shin Tae-yong, tak lain karena ia juga berasal dari negara yang sama dan sudah mengenal sepak bola Asia Tenggara.

Park Hang-seo cukup sukses bersama Vietnam, di mana Golden Star Warriors sukses meraih gelar Piala AFF, lalu Vietnam melaju ke putaran final Piala Asia dan lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

  • Joachim Loew

Wow! Siapa yang tak kenal mantan pelatih Timnas Jerman ini? Apalagi pelatih 63 tahun itu pernah membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014, dan pernah bukukan rekor kemenangan dalam 125 dari 198 laga yang dimainkan skuadnya.

Kini, Loew disebut-sebut bisa menjadi pengganti Shin Tae-yong. PSSI bahkan diberitakan tengah bersiap-siap menampung pelatih 63 tahun itu dan rombongannya untuk segera mengisi pelatih timnas, jika Shin Tae-yong benar-benar pamit mundur usai Piala Asia U23.