Timnas Indonesia Digeser Tuan Rumah dari Puncak Klasemen Grup A SEA Games 2023

Gila Bola – Timnas Indonesia harus relakan posisi teratas klasemen Grup A SEA Games 2023 diambil alih Kamboja, setelah tuan rumah menang lebih besar di laga melawan Timor Leste, Sabtu (29/4) malam.

Kini, Timnas Indonesia – yang semula berada di puncak klasemen setelah menang 3-0 atas Filipina, harus turun ke urutan kedua.

Di laga melawan Timor Leste, tuan rumah Kamboja menang 4-0 lewat dua gol Chou Sinti di menit 38 dan 45+3, serta satu gol Ritana Sor di menit 75 dan Lim Pisoth di menit 82.

Di stadion yang sama di Olympic Stadium pada Sabtu sore, Indonesia lebih dulu kantongi poin sempurna setelah menang 3-0 atas Filipina lewat gol-gol Marselino Ferdinan di akhir babak pertama, Irfan Jauhari di menit 89 dan Fajar Fathur Rahman pada menit 90+1.

Dalam laga melawan Filipina, Timnas Indonesia U-22 seakan bermain grogi di awal laga, bahkan cukup kesulitan membongkar lini belakang Filipina di 10 menit pertama.

Filipina Berusaha Manfaatkan Tampilan Grogi Indonesia

Penampilan canggung skuad Garuda Nusantara rupanya berusaha dimanfaatkan tim lawan untuk lakukan tekanan. Namun tak ada satupun peluang yang berhasil diselesaikan Filipina untuk menjadi gol.

Ramadhan Sananta lancarkan tekanannya ke gawang Filipina di menit 26, saat ia berusaha menembakkan si kulit bundar dari luar kotak penalti. Sayangnya peluang ini masih melebar.

Begitu juga saat Raehan mencoba mengirimkan ancamannya ke gawang lawan. Bola yang coba ditembakkan pemain muda berusia 19 tahun itu berhasil diamankan kiper Filipina.

Marselino Ferdinan Buka Kran Gol Timnas Indonesia

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Sebaliknya, Filipina justru nyaris menjebol gawang Indonesia di akhir babak pertama. Namun peluang lawan inipun berhasil digagalkan kiper skuad Indra Sjafrie, Ernando Ari.

Indonesia akhirnya berhasil memecah kebuntuan tepat di menit 45 lewat aksi Marselino Ferdinan yang berhasil manfaatkan umpan yang disodorkan Rio Fahmi. Indonesia pun memimpin 1-0.

Di babak kedua, Indonesia tampil lebih percaya diri setelah berhasil unggul 1-0 atas Filipina. Meski demikian butuh waktu hingga akhir laga bagi Indonesia untuk menambah koleksi gol.

Gagal Penalti, Timnas Indonesia Tambah Dua Gol Lagi di Babak Kedua

Indonesia sempat mendapat hadiah tendangan penalti setelah Witan Sulaeman dijegal Rublico di area terlarang. Namun, kapten tim Rizky Ridho yang menjadi eksekutor gagal menggandakan koleksi gol Indonesia. Tembakannya berhasil dibaca kiper Filipina, Quincy, yang langsung menepis bola.

Hingga akhirnya, Irfan Jauhari sukses gandakan kemenangan Indonesia di menit 89, yang kemudian bertambah lewat gol Fajar Fathur Rachman di masa injury.

Indonesia pun catatan kemenangan 3-0 di laga pertama fase Grup A SEA Games 2023 di Kamboja. Selanjutnya, Indonesia akan bertemu Myanmar di pertandingan kedua grup pada Kamis (4/5) sore.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Ilham Rio Fahmi, Ananda Raehan Alief, Marselino Ferdinan, Beckham Putra Nugraha, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Ramadhan Sananta.

Timnas Filipina: Kammeraad Quincy, Rublico Santiago Colminas, Ledde Noah River, David Kevin Jurado, Yrick Rapisura Gallantes, Gavin Alonzo Muens, Kami Jaser Rendon Amirul, Dennis Salazar Chung, Pocholo Arellano Bugas, Jacob Agustin Iv Reyes Pena, Andres Rafael Teves Aldeguer.